4 Makanan Yang Harus Anda Dapatkan di Sarapan Pagi Saat Hamil - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

4 Makanan Yang Harus Anda Dapatkan di Sarapan Pagi Saat Hamil

4 makanan yang harus Anda dapatkan di sarapan pagi saat hamil – Memahami 4 makanan yang harus Anda dapatkan di sarapan pagi saat hamil di bawah ini akan membantu ibu hamil memiliki saran dalam menyiapkan menu sarapan sehat dan bergizi. Setelah malam yang panjang dan terbangun, tubuh perlu disediakan makanan yang memadai.

Pagi adalah saat metabolisme internal tubuh paling efektif dan juga nutrisi paling banyak diserap. Ahli gizi mengatakan bahwa tidak peduli apa yang Anda makan, waktu terbaik untuk makan adalah di pagi hari.
Jadi jika Anda tidak cukup makan atau tidak cukup makan, maka akan mengurangi penyerapan nutrisi hingga 50%. Wanita hamil harus memberi perhatian khusus pada hal ini untuk menimbang menu sarapan dan janin mereka. Ibu harus memilih makanan untuk sarapan pagi seperti yang ada di bawah ini.

READ  Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah 4 kelompok makanan yang direkomendasikan ahli gizi untuk sarapan ibu hamil:

1. Produk susu dan kedelai memberikan kalsium bagi tubuh

Selama kehamilan, wanita hamil perlu menyerap sekitar 1.000 miligram kalsium sehari, dua kali lebih banyak dari biasanya. Jadi, produk susu dan kedelai merupakan pilihan tepat untuk memberi kalsium pada ibu hamil pagi-pagi. Tidak hanya kalsium tapi juga produk susu dan kedelai memiliki cukup protein untuk memenuhi kebutuhan wanita hamil.

Selain itu, ahli gizi mengatakan bahwa meminum segelas susu sebelum tidur juga akan membantu hamil tidur lebih nyenyak.

2. Makanan berbahan gandum, beras membantu menambah serat, zat besi dan seng bagi tubuh

Masakan khas untuk kelompok ini adalah bubur nasi dan roti yang terbuat dari tepung terigu. Wanita hamil harus memilih makanan yang mempertahankan kesegarannya murni, tanpa menambahkan aditif lain dari gula dan sereal. Namun, ibu bisa menambahkan kacang, kismis atau madu tergantung selera dan rasa.

Dalam makanan berbahan gandum, nasi, roti bisa memastikan asupan serat hingga 20-30g per hari, sekaligus juga menyediakan kelimpahan zat besi dan seng.

3. Daging dengan suplemen zat besi

Besi memainkan peran yang tak tergantikan dalam pengangkutan oksigen ke darah dan pembentukan sel darah merah. Selama kehamilan, wanita hamil sering menderita kekurangan zat besi akibat kenaikan suplai darah agar bisa memberi cukup darah untuk janin.

Daging tanpa lemak kaya zat besi dan mudah diserap ke dalam tubuh. Karena itu, daging tanpa lemak adalah salah satu makanan yang jinak dan bisa menambahkan zat besi ke tubuh.

4. Sayuran hijau kaya akan vitamin

Para ilmuwan mengatakan bahwa sayuran berwarna gelap seringkali kandungan vitaminnya tinggi. Anak-anak yang hamil harus makan aneka sayuran untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh dan memberi makan bayi yang sehat.
Sayuran hijau mengandung banyak kalsium, asam folat, serat, antioksidan dan antibodi. Selain itu, brokoli juga digunakan bersamaan dengan sayuran lainnya untuk membantu tubuh menyerap zat besi lebih efisien.

Itulah 4 Makanan Yang Harus Anda Dapatkan di Sarapan Pagi Saat Hamil. Selain itu, saat hamil juga harus memperhatikan beberapa makanan lain saat sarapan seperti: jangan minum banyak es, jangan makan pisang dan nanas saat lapar. Dengan menjaga asupan makanan dan pola makan yang baik saat hamil diharapkan bayi dan ibu sehat dan dan dapat memperlancar proses kelahilan nantinya.

Facebook Comments
Tags: , , , , ,
4 Makanan Yang Harus Anda Dapatkan di Sarapan Pagi Saat Hamil | Just Writer | 4.5