Bansos Cair Awal Januari? Cek 5 Fakta Pasca Bu Risma Jadi Mensos! - Keluarga Harapan

Bansos Cair Awal Januari? Cek 5 Fakta Pasca Bu Risma Jadi Mensos!

Sobat Sosial, Jakarta – Tri Rismaharini mantan Wali Kota Surabaya resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Sosial (Mensos). Beliau menggantikan Juliari Batubara yang tersangkut kasus dugaan suap bantuan sosial (bansos) pandemi Covid-19.

Risma mengaku mendapatkan pesan khusus usai dilantik Presiden Jokowi. Salah satunya bisa menyelesaikan 100% pemberian bantuan langsung tunai (BLT).

Berikut fakta-fakta yang dipaparkan Risma terkait Bansos Covid-19 yang dirangkum Okezone, Sabtu (26/12/2020).

1. Bansos Cair Awal Januari

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengaku mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera merealisasikan bantuan sosial (Bansos) pandemi Covid-19. Selambatnya, dirinya menargetkan pada minggu pertama Januari 2021 bansos sudah tersalurkan.

“Yang diperintahkan bapak presiden yang pertama bagaimana realisasi bantuan untuk triwulan 4 dan nanti awal tahun 2021 Januari itu minggu pertama harus bisa ke luar,” kata Risma usai menjalani pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

READ  Program Unggulan Bu Menteri Sosial Tri Rismaharini

READ  Kakek Jahrani yang Tergolek Sakit di Kabupaten Serang Dapat Banpres - Tribunnews.com

2. Rombak Data Penerima Bansos

Risma mengaku akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri untuk memperbaiki data penerima bansos. Sebab, sudah pasti datanya itu setiap harinya mengalami perubahan.

“Berikutnya, perbaikan data. Kami akan kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk updating data penerima bantuan karena yang memang pasti ada selisih. Karena hari ini ada yang meninggal, dan sebagainya itu yang harus kita tangani,” ujarnya.

Menurut dia, dengan penyaluran bansos yang tepat sasaran maka itu juga akan bisa memperbaiki perekonomian Indonesia yang saat ini sedang resesi akibat pandemi Covid-19.

3. Bansos Tidak Ada Lagi Bentuk Tunai

Risma menyatakan dirinya akan memperbaiki sistem pemberian bantuan sosial (Bansos) pandemi Covid-19. Nantinya, semua penyalurannya akan menggunakan sistem elektronik dan tak ada lagi pemberian secara tunai.

“Kita akan lakukan dengan transparan dan tidak ada lagi bentuk tunai apapun, tapi akan gunakan secara elektronik,” kata Risma di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

READ  Korban Konflik Sampang Dapat PKH dan BPNT

READ  Kalender PKH Jadi Polemik, Berikut Penjelasan Menteri Sosial

4. Risma Kaget Anggaran 1,3 Triliun untuk Bansos

Risma mengaku kaget, ihwal adanya anggaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk penyaluran bantuan sosial (bansos) yang mencapai Rp1,3 triliun.

“Tadi saya sempat kaget, Rp1,3 triliun untuk data, waduh, mati kita kalau enggak hati-hati,” ujar Risma saat memberikan sambutan dalam serah terima jabatan Menteri Sosial (Mensos) di kantor Kementrian Sosial, Rabu (23/12/2020).

Karena itu, Risma menegaskan, dirinya akan berhati-hati dalam menggunakan anggaran sebesar Rp1,3 triliun guna memperbaiki data penerima bansos di setiap daerah.

5. Transparansi Penyaluran Bansos

Risma pun berjanji dalam mengelola penyaluran dana bansos akan dibuka secara transparan. Seperti melalui sistem teknologi informasi proses penyaluran bansos pun dapat dipantau oleh semuanya.

“Jadi tidak perlu kita ketemu dengan siapa pun. Uang itu akan kita kelola dengan transparan. Kami pake IT sehingga bisa dilihat siapa pun,” tegas Risma.

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2020/12/25/320/2333799/5-fakta-risma-jadi-mensos-urusi-bansos-cair-awal-januari-2021?page=1

Facebook Comments
Tags: , ,
Bansos Cair Awal Januari? Cek 5 Fakta Pasca Bu Risma Jadi Mensos! | Social Writers | 4.5