623 Personel Tagana dari Berbagai Provinsi Dikerahkan Untuk Lombok - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

623 Personel Tagana dari Berbagai Provinsi Dikerahkan Untuk Lombok

Tagana Gempa Lombok – Kementerian Sosial mengerahkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mendistribusikan ribuan sembako warga terdampak gempa NTB dalam rangka pemenuhan kebutuhan permakanan warga dan pasokan dapur umum mandiri.

“Sebanyak 623 personel Tagana dari berbagai provinsi datang secara sukarela pascagempa Lombok. Saat ini mereka dikonsentrasikan untuk mendistribusikan logistik untuk warga, terutama sembako,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Rabu, (15/08/2018)

Sesuai arahan Menteri Sosial Idrus Marham dalam kunjungan kali ketiga ke NTB beberapa waktu lalu, kebutuhan pokok warga harus secepatnya disalurkan. Dengan demikian warga bisa memasak sendiri keperluan makanan mereka dan atau memasaknya di dapur umum mandiri yang dikelola oleh warga dan didirikan di kampung-kampung mereka.

READ  Berikut Santunan Kemensos Untuk Korban Gempa NTB

“Jadi memang sekarang ini warga yang datang ke dapur umum lapangan untuk mengambil nasi bungkus di posko pengungsian semakin berkurang. Pertama, karena jarak dengan pemukiman warga mungkin agak jauh. Kedua, karena warga mulai mendirikan dapur umum mandiri. Hal ini bagi mereka cukup efisien karena dapur umum mandiri terletak di area tempat tinggal mereka dan sembari beraktivitas di dapur umum mereka masih bisa menengok rumahnya,” kata Dirjen.

Dikatakannya, sembako dari Kementerian Sosial seluruhnya berjumlah 11 ribu paket. Saat ini telah tersalurkan sekitar 5.000 paket berisi beras dan lauk pauk.

Sebanyak 623 personel Tagana dikerahkan untuk mendistribusikan bantuan. Mereka bukan hanya Tagana Provinsi NTB, namun secara suka rela mereka datang dari berbagai provinsi di Indonesia yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Gorontalo, dan Bangka Belitung.

“Tagana yang datang ke NTB memiliki spesialisasi kemampuan di bidang Dapur Umum dan Layanan Dukungan Psikososial. Oleh karena itu mereka juga memboyong dapur umum lapangan dari provinsi masing-masing untuk ditempatkan di titik-titik posko pengungsian,” papar Harry.

Sumber: http://krjogja.com/web/news/read/74759/Tagana_Salurkan_Sembako_Warga_Dirikan_Dapur_Umum_Mandiri

Facebook Comments
Tags: , ,
623 Personel Tagana dari Berbagai Provinsi Dikerahkan Untuk Lombok | Social Writers | 4.5