Arah Baru Kementerian Sosial dan Peluang Generasi Millennial - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Arah Baru Kementerian Sosial dan Peluang Generasi Millennial

PKHDaily.com – Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazaruddin mewakili Menteri Sosial RI turut serta menjadi narasumber pada pertemuan independen yang digadang IDN Times membahas cara membentuk masa depan Indonesia dalam acara Indonesia Millennial Summit 2019.

Dalam paparannya, Pepen membahas bahwa Bangsa Indonesia kedepannya akan menghadapi tantangan dalam hal pembangunan sosial.

“Salah satu tantangan yang kita hadapi adalah bagaimana kita bisa melaksanakan program-program mengentaskan masalah kesejahteraan sosial, yang terkait dengan masalah kemiskinan, ketelantaran, disabilitas, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, dan/atau korban tindak kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Tentunya partisipasi publik sangat diperlukan sebagai mitra pemerintah untuk membantu akselerasi pembangunan kesejahteraan sosial” jelas Pepen.

Partisipasi publik dapat dilihat dari dua bentuk pendanaan.

READ  Inilah Kunci Pemberantasan Kemiskinan Menurut Mensos

Pertama, melalui dunia usaha terkait penyelenggaraan Udian Gratis Berhadiah (UGB) yang dikelola Kementerian Sosial RI untuk disalurkan sebagai santunan, penanganan korban bencana alam dan bencana sosial, bantuan KAT, bantuan rehabilitasi sosial, serta penanganan fakir miskin.

Kedua, dana juga didapat dari Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) yang dikelola dan disalurkan langsung oleh masyarakat, untuk pemenuhan sarana pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, olahraga, sarana umum, rehabilitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta penanganan korban bencana alam.

Melihat antusiasme kepedulian masyarakat dalam upaya penggalangan dana donasi dan demokrasi filantropi, Kementerian Sosial RI membangun aplikasi berbasis online SIMPPSDBS yang sesuai dengan gaya hidup era millennial.

Melalui aplikasi ini masyarakat dapat berpartisipasi dengan mudah dalam penyelenggaraan penggalangan dana dan dapat mengakses layanan publik dalam hal perizinan.

READ  MNC Peduli Sabet Penghargaan Kesetiakawanan Sosial dari Kemensos

Melalui “Komunitas Memberi” Kementerian Sosial RI juga turut aktif dalam mendorong kepedulian masyarakat dengan mendirikan Forum Corporate Social Responsibility sebagai bentuk kemitraan dengan dunia usaha.

Mendapatkan tiga peran sekaligus sebagai regulator, motivator, dan fasilitator, Kementerian Sosial RI memiliki kewajiban sebagai penyedia regulasi bagi dunia usaha dalam menyelenggarakan tanggung jawab sosial, melakukan sosialisasi dan mendorong komitmen dunia usaha dalam pembangunan kesejahteraan sosial, serta menyediakan Basis Data Terpadu (BDT) kemiskinan dan menghubungkan dunia usaha dengan lembaga-lembaga kesejahteraan sosial dan penerima manfaat, sehingga bisa adil, efisien dan efektif.

Sumber: https://www.kemsos.go.id/berita/arah-baru-kementerian-sosial-dan-peluang-generasi-millennial

Facebook Comments
Tags: , ,
Arah Baru Kementerian Sosial dan Peluang Generasi Millennial | Social Writers | 4.5