Awas, Ada Penipuan Berkedok Bantuan PKH - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Awas, Ada Penipuan Berkedok Bantuan PKH

PKHDaily.com, Penipuan Berkedok Bantuan PKH – Seperti biasanya, sebelum beraktifitas ke Kantor Kecamatan atau ke Lapangan, saya selalu browsing-browsing Kabar PKH Terkini termasuk di PKHDaily.com ini. Namun ada sebuah berita tentang dari jabar.pojoksatu.id yang menarik perhatian saya. Berita tersebut berjudul “Pelaku Dugaan Penipuan PKH di Sukabumi Diamankan Petugas, Diduga Korban Lebih Dari Satu Orang”.

Saya penasaran, bagaimana modus yang digunakan oleh pelaku shingga bisa memanfaatkan PKH sebagai bentuk Penipuan. Awalnya saya mengira bahwa pelaku adalah Pendamping PKH itu sendiri. Jika benar, sungguh memalukan, seorang Sosial Worker bisa setega itu melakukan Penipuan. Namun ternyata pelaku adalah orang diluar SDM PKH, Alhamdulillah.

Harus diakui, menurut data dari Google, dan menurut cerita dari salah satu admin di PKHDaily.com, banyak masyarakat yang penasaran untuk bisa menjadi Peserta PKH. Banyak dari mereka yang mencari artikel atau referensi tentang Bagaimana Menjadi Peserta PKH. Kata kunci yang sering mereka gunakan berdasarkan analisa dari admin PKHDaily.com adalah Syarat Menjadi Peserta PKH. Maka tak heran jika ada pihak tak bertanggungjawab, yang mencoba memanfaatkan keinginan masyarakat ini.

Penipuan Berkedok Bantuan PKH

Penipuan Berkedok Bantuan PKH

Kembali ke temuan Penipuan PKH di Sukabumi, pelaku mengiming-imingi korban untuk bisa menjadi Peserta PKH, namun dengan membayar uang Rp.500.000,- hingga Rp.1.000.000,-. Berikut kabar lengkapnya:

Penipuan Berkedok Bantuan PKH

Sumber : Jabar.pojoksatu.id

Petualangan M (41) pelaku penipuan program Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Sukabumi satu tahun terakhir ini, akhirnya tertangkap.

READ  Sinergi Antara Wirausahawan Milenial dan PKH

M yang merupakan warga Kampung Gombong RT 3/8 Desa Limbangsari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur diamankan pihak kepolisian setelah tertangkap warga Kampung Bobojong RT 1/3 Desa Caringinwetan Kecamatan Caringin setelah menjalankan aksinya.

POJOKJABAR.com, SUKABUMI – Petualangan M (41) pelaku penipuan program Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Sukabumi satu tahun terakhir ini, akhirnya tertangkap.

M yang merupakan warga Kampung Gombong RT 3/8 Desa Limbangsari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur diamankan pihak kepolisian setelah tertangkap warga Kampung Bobojong RT 1/3 Desa Caringinwetan Kecamatan Caringin setelah menjalankan aksinya.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, pelaku menjalankan aksinya dengan menipu warga dengan mengiming-imingi masuk menjadi peserta PKH.

Setiap menjalankan aksinya, pelaku meminta uang sebesar lima ratus ribu hingga satu juta rupiah, dengan dalih urusan administrasi kepesertaan.

Salah seorang warga warga Kampung Bobojong RT 01/3 Desa Caringinwetan Kecamatan Caringin, Yeyet Solihat (32) mengungkapkan tiba-tiba pelaku mendatangi dirinya dan mengaku petugas dari Kecamatan.

Selanjutnya, pelaku meminta identitas serta uang untuk membuat surat nikah sebagai persyaratan. “Awalnya minta satu juta, tapi saya hanya ada empat ratus ribu. Maklum saya orang yang kurang tahu, diiming-imingi jadi peserta PKH tentunya mah karena dapat bantuan uang dari pemerintah,”aku Yeyet kepada Radar Sukabumi

Tak berselang lama, Yeyet yang merasa janggal kepada pelaku langsung melaporkannya kepada ketua RT. Setelah diinformasikan ketua RT langsung melakukan pengecekan kepada petugas kecamatan.

READ  13 Rumah di Penajam Paser Utara Mundur dari Program Keluarga Harapan

“Satelah dipikir-pikir, saya kurang percaya kepada pelaku yang mengaku dari kecamatan itu. Akhirnya saya laporkan kepada ketua RT,” sambung dia.

Sementara itu, Ketua RT 1/3 Desa Bobojong, Kecamatan Caringin, Mamat Rahmat langsung menghubungi pendamping PKH Kecamatan Caringin untuk menanyakan kebenaran tersebut.

Namun setelah mendapatkan informasi dari pendamping bahwa tidak ada petugas kecamatan yang mendata warga apalagi meminta sejumlah uang, dirinya bergegas mengejar pelaku.

“Saya telpon langsung pendamping PKH yang asli, setelah itu saya kejar itu pelaku. Dan akhirnya, pelaku tertangkap di RT 2/3 saat mau menjalankan aksinya yang kedua,” bebernya.

Setalah pelaku tertangkap, dirinya langsung membawanya ke Kapolsek Caringin untuk menghindari amukan masa. “Saya langsung bawa ke Polsek, soalnya warga lain yang mulai mengetahui kejadian ini sudah mulai berbondong-bondong ke lokasi penangkapan,” cerita dia.

———————————————————

Temuan ini bisa menjadi perhatian bagi para SDM PKH terutama pendamping PKH sebagai SDM PKH paling depan yang langsung berhadapan dengan Masyarakat. Kita punya kekuatan besar untuk mengantisipasi tindakan-tindakan tak bertanggung jawab dari orang yang ingin menjelekan PKH. Mari saling berbagi cerita, kegiatan, temuan, dan ide-ide inovasi PKH untuk memajukan dan melanggengkan PKH.

Salam PKH, Meraih Keluarga Sejahtera

Pengirim : Sosial Worker

Facebook Comments
Tags: , ,
Awas, Ada Penipuan Berkedok Bantuan PKH | Social Writers | 4.5