Ibu dan Balita: Simak 5 Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Balita! - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Ibu dan Balita: Simak 5 Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Balita!

Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Balita, PKHDaily.com – Salah satu momen spesial dan paling ditungu-tunggu orang tua adalah ketika sang buah hati bisa berdiri dan mulai melangkah untuk pertama kalinya.

Baby walker merupakan alat yang membantu buah hati kita untuk belajar berjalan tanpa perlu kita awasi secara penuh. Sehingga kita bisa mengawasi sambil melakukan aktivitas yang lain.

Akan tetapi yang namanya alat pasti saja memiliki bahaya, termasuk juga dengan baby walker ini. Ya, meski banyak kegunaan dari baby walker ini, akan tetapi bukan berarti tidak menimbulkan bahaya. Ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh baby walker ini.

Bahaya Penggunaan Baby Walker

1. Rawan Terjatuh

Para orang tua pasti berpikiran membeli baby walker agar buah hati mereka saat belajar berjalan tidak terjatuh dan terbentur, namun mereka salah jika berpikiran seperti itu. Saat bayi berlari atau berjalan dengan cepat menggunakan baby walker mereka cenderung tersandung, terbelit dengan kakinya sendiri karena kaki si bayi belum stabil untuk berjalan sehingga buah hati mereka terjatuh dan terguling.

READ  Ternyata, Camilan Hamil Sangat Baik Untuk Ibu Hamil

 

2. Terluka Parah Karena Terjatuh dari Tangga

Seperti halnya akibat bayi terjatuh dari tempat tidur yang cukup mengkhawatirkan karena bayi akan menangis terus menerus. Tangga adalah salah satu yang harus berada jauh dari buah hati Anda, terutama saat si buah hati sedang belajar berjalan menggunakan baby walker.

 

3. Gerakan Si Buah Hati Menjadi Terbatas

Dapat di lihat dari mata telanjang bahwa bayi yang menggunakan baby walker memiliki gerakan yang sangat terbatas dibanding dengan bayi yang belajar berjalan tidak menggunakan baby walker. Bayi yang tidak menggunakan baby walker dapat berguling berlari dan melompat – lompat dengan bebas, namun beda sekali dengan bayi yang menggunakan baby walker, si bayi hanya dapat maju mundur dan geser ke kanan dan kiri sehingga dapat menghambat pertumbuhan bayi untuk kedepannya.

 

4. Menghambat Perkembangan Motorik

Seperti halnya bahaya bayi menggunakan empeng, Perkembangan Motorik pada anak – anak harus sudah terlatih sejak dini, agar nantinya otot – otot si anak berfungsi dengan baik. Namun adanya alat bantu yang bernama baby walker ini menyebabkan si bayi mempunyai sifat ketergantungan terhadap alat bantu sehingga dapat memperlambat proses berjalan pada si buah hati.

READ  Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Inilah penyebab dari terhambatnya perkembang motorik si anak sehingga menghambat proses berjalan juga, seharusnya si bayi menggerakan semua ototnya dari otot paha hingga ke otot betis agar melatih otot – otot motoriknya, namun jika menggunakan baby walker hanya otot betis saja yang terlatih sebab si buah hati hanya berjalan mendorong menggunakan ujung kaki saja.

 

5. Anak Menjadi Malas Untuk Berjalan

Semakin sering ia bermain menggunakan baby walker semakin lama untuk ia memulai belajar berdiri sekaligus berjalan. Karena saat si bayi duduk di baby walker akan tertanam mainset bahwa berjalan menggunakan baby walker tidak perlu lelah-lelah berdiri.

Dibeberapa negara penggunaan baby walker telah dihindari, hal ini mencegah hal-hal diatas.

Sumber: wajibbaca.com

Facebook Comments
Tags: , ,
Ibu dan Balita: Simak 5 Bahaya Penggunaan Baby Walker Pada Balita! | Social Writers | 4.5