Inilah Bahaya Stress Pada Ibu Hamil - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Inilah Bahaya Stress Pada Ibu Hamil

Inilah Bahaya Stress Pada Ibu Hamil – Apakah anda sedang hamil bayi pertama? Perlu diketahui bahwa ibu hamil mengalami stress yang berkepanjangan. Bahkan lebih parahnya lagi dampak buruk akan terjadi pada janin yang dikandung ibu hamil. Para medis juga mengatakan jika stress dapat menyerupaia keadaan berbahaya, lantaran hormone di dalam tubuh tidak bekerja maksimal terutama pada ibu hamil.

Maka dari itu, bagi ibu hamil harus pandai mengelola stress agar tubuh kembali pada titik keseimbangan awal. Namun sebaliknya jika stress dibiarkan saja memungkinkan system stress akan berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi. Karena itulah, ibu hamil selalu beraks berlebihan dan memicu respon yang kurang baik. Nah, inilah akibat ibu hamil yang mengalami stress.

Ketahui Bahaya Stress Pada Ibu Hamil

1. Tumbuh Kembang Bayi Tidak Berkembang

Para pihak medis menunjukkan bahwa akibat stress kronis yang terjadi pada ibu hamil terjadi lantaran si ibu tidak bisa mengelola stress dengan baik. Tentunya stress tersebut dikaitkan dengan kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah atau lahir premature. Hal semacam ini akan mampu menurunnya aliran darah ke rahim yang dapat secara signifikan dan memengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan.

READ  Konsumsi Makanan Penunjang Hamil Bayi Perempuan

2. Kelahiran Premature

Seperti yang kita ketahui jika stres yang berlangsung secara berkepanjangan, sehingga memengaruhi plasenta ibu hamil. Pada saat ibu hamil mengalami stres, terutama pada trimester pertama, maka  plasenta akan meningkatkan produksi hormon pelepas kortikotropin (CRH).  Rupanya hormone tersebut memiliki tugas untuk mengatur kehamilan. Kadar hormon yang lebih tinggi terkadang mempercepat durasi kehamilan, sehingga bayi  lahir prematur.

3. Berkurangnya Pasokan Oksigen bagi Janin

Ibu hamil terkadang sering merasakan kecemasan yang memungkinkan tubuhnya akan memproduksi hormon stress. Salah satunya adalah timbul epinephrine dan norepinephrine yang berefek mengencangkan pembuluh darah dan mengurangi suplai oksigen ke rahim. Karena itulah, hindari stress dengan cara berolahraga secara rutin agar pasokan oksigen tetap tercukupi untuk janin.

4. Risiko Keguguran Janin

Jika seorang ibu hamil mengalami stres berkepanjangan selama kehamilannya, maka akan memiliki resiko keguguran janin (abortus) yang lebih besar. Apalagi masing-masing kehamilan ibu mempunyai daya tahan dan tingkat pengelolaan stress yang berbeda ketika sedang menghadapi stres. Pada masa kehamilan  berlangsung maka akan berdampak buruk pada janinnya, yakni masalah keguguran terutama di usia kehamilan triwulan pertama. Selain itu, akan mampu mengalami keterlambaran pertumbuhan janin dalam rahim pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

READ  Tanoto Foundation Buat Program Pencegahan Balita Stunting

5. Mengalami Alergi

Rupanya ibu hamil yang kerap stress akan memiliki resiko terkena alergi.  Hal ini berdasarkan informasi penelitian bahwasannya stres saat hamil akan meningkatkan risiko bayi mengalami alergi kelak di kemudian hari nantinya. Pada saat stres, maka janin akan menyerap hormon kortisol yang diproduksi tubuh ibu yang mengandung. Dengan begitu bayi tersebut lebih cenderung untuk memiliki risiko lebih besar mengidap alergi.

Demikian ulasan yang bisa bermanfaat bagi anda para ibu hamil tentang Bahaya Stress Pada Ibu Hamil. Hindari beberapa hal yang menimbulkan stress pada ibu hamil. Ciptakan gaya hidup yang sehat.

Facebook Comments
Tags: , ,
Inilah Bahaya Stress Pada Ibu Hamil | Social Writers | 4.5