Banyaknya Penerima Bansos Yang Petani, Bantuan Pertanian Layak Diberikan - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Banyaknya Penerima Bansos Yang Petani, Bantuan Pertanian Layak Diberikan

PKHDaily.com – Kementerian Sosial (Kemensos) bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempersiapkan bantuan bibit tanaman yang akan diberikan kepada penerima bantuan sosial. Untuk penerima bansos PKH, tahun ini telah berjumlah 10 Juta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Mengutip dari SindoNews.com, Menteri Sosial, Bapak Idrus Marham, menjelaskan bahwa bibit tanaman menjadi salah satu bentuk barang bantuan yang penting sebab banyak penerima bansos yang berprofesi sebagai Petani. Hal ini sebagai dasar bahwa bantuan pertanian layak diberikan.

“Bantuan pertanian ini menjadi bentuk komplementaritas bansos yang diberikan pemerintah kepada KPM agar terjadi akselerasi dalam percepatan penanggulangan kemiskinan. Upaya Kemensos bersama Kementan merupakan bagian dari mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo,” Jelas beliau seusai membuka Coaching Fasilitator Bimbingan Pemantapan Sumber Daya Manusia (SDM) PKH di Jakarta, Senin (19/3/2018).

READ  13 Kabupaten/Kota Pendistribusi Raskin Raih Raskin Award 2018

Mensos menjelaskan, kerja sama dengan Kementan tidak hanya dalam hal pembagian bibit, tetapi juga melakukan pendampingan kepada KPM. Pendamping tersebut bersama dengan penyuluh pertanian dalam proses pengarahan, pembinaan, dan penyuluhan pertanian.

Menteri Sosial Idrus Marham. FOTO/DOK.SINDOnews

Menteri Sosial Idrus Marham. FOTO/DOK.SINDOnews

Hingga saat ini, jumlah keseluruhan SDM pelaksana PKH pada 2018 sebanyak 40.413 orang, sementara jumlah penyuluh pertanian mencapai 44.000 yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia.

Beliau menambahkan penjelasan bahwa selama ini kementerian berusaha mewujudkan Nawacita ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Selain itu, berupaya menegakkan Nawacita kelima, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia melalui program Indonesia Pintar, Indonesia Kerja, dan Indonesia Sejahtera.

READ  Dukung Program PKH, Pemkab Ogan Ilir Berikan Sepedah Motor dan Laptop

Kemensos juga mendorong adanya land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektare, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi, serta jaminan sosial untuk rakyat pada 2019.

Facebook Comments
Tags: , , , ,
Banyaknya Penerima Bansos Yang Petani, Bantuan Pertanian Layak Diberikan | Social Writers | 4.5