Masuk Basis Data Terpadu, Warga Miskin Wajib Punya NIK - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Masuk Basis Data Terpadu, Warga Miskin Wajib Punya NIK

Basis Data Terpadu Warga Miskin, PKHDaily.com, Seluma – Sampai saat ini data warga miskin di Kabupaten Seluma rentan menimbulkan polemik, karena kurangnya akurasi data.

Kamis pagi (28/6) Dinas Sosial Seluma akhirnya melibatkan BPS Seluma untuk mengadakan Bimtek terhadap petugas, operator dan supervisor kegiatan verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT).

Melalui bimbingan teknis yang dilakukan Dinas Sosial dengan mengundang camat, ratusan kepala desa dan petugas Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), Petugas Program Keluarga Harapan (PKH), dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) ini, Plt Kepala Dinas Sosial Seluma Ir. Titik Sumila meminta para kades untuk memastikan warganya yang miskin, telah memiliki KK dan KTP-el, karena sistem validasi Basis Data Terpadu (BDT) akan dilakukan secara online.

Basis Data Terpadu Warga Miskin

“Tolong ya pak Kades, warga miskin yang akan dimasukkan ke dalam BDT harus sudah memiliki NIK/KK,” tegas Titik Sumila.

READ  Rastra Diharapkan Mampu Mendorong Kemandirian Masyarakat Penerima
READ  Harus Hemat, Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Dibatasi 3 Tabung Per Bulan
READ  Inovasi Laboratorium Kemiskinan Pemkab Pekalongan

Sementara itu, Sekretaris Pemkab Seluma Irihadi menegaskan, bimbingan teknis petugas operator dan supervisor kegiatan verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) ini benar-benar diimplementasikan, karena hal ini untuk menanggulangi kemiskinan yang sudah menjadi bagian dari program Nawacita Pemerintah Pusat.

“Verifikasi data miskin ini sangat penting. Jadi, saya harap tenaga teknis seperti pendamping, melakukan validasi secara akurat dan benar. Karena ini menyangkut Data Base masyarakat miskin di Seluma, sehingga menghasilkan database masyarakat miskin yang akurat dan terkini atau Up To Date” tegas Irihadi.

Sampai saat ini, untuk BDT di Kabupaten Seluma khususnya penerima beras sejahtera (rastra) mencapai 85 ribu jiwa, sementara penerima beras sejahtera (rastra) hanya 16.366 KPM. Basis Data Terpadu

Sumber : rbtv.co.id

Facebook Comments
Tags: , , ,
Masuk Basis Data Terpadu, Warga Miskin Wajib Punya NIK | Social Writers | 4.5