Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir

Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir – Pada saat ibu hamil mulai menginjak trimester terakhir memang akan menjadi moment yang paling menegangkan. Moment ketika ibu hamil harus selalu melakukan antisipasi karena kelahiran sang bayi terus meningkat. Bukan hanya rasa bahagia menanti persalinan si buah hati, namun perubahan fisik dan hormonal ibu hamil akan membawa beberapa rasa ketidaknyamanan.

Rupanya keluhan-keluhan yang dirasakan pada trimester kedua juga masih dapat dirasakan oleh ibu hamil pada periode tersebut. Akan tetapi, hal yang mungkin baru dirasakan pada periode trimester terakhir. Karena itulah, bagi ibu hamil tidak usah merasa khawatir akan masalah tersebut. Nah, berikut ini keluhan hamil saat trimester terakhir yang harus diketahui.

Ketahui Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir

Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir hallosehatcom

Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir hallosehatcom

1.Mudah Lelah

Bagi ibu hamil beban membawa janin dalam kandungan adalah hal yang senang, meski terkadang berasa berat. Biasanya itu akan membuat ibu hamil sendiri menjadi lebih mudah letih dan lelah. Bahkan tak jarang ibu hamil yang sulit untuk bernapas ketika melakukan aktivitas yang sedikit berat, serta mudah merasa gerah dan berkeringat.

READ  Tanda-Tanda Akan Melahirkan Yang Harus Diketahui

Sebaiknya atasi masalah yang satu ini dengan penggunaan pakaian atau sepatu nyaman. Pilih juga pakaian yang longgar, serta hindari menggunakan sepatu dengan tumit tinggi.

2. Nyeri dan Pembengkakan

Kontraksi memang menjadi hal yang menandakan bahwa bayi segera untuk dilahirkan. Biasanya kontraksi akan terjadi pada periode trimester akhir, ibu hamil akan merasakan rasa tidak nyaman dan kaku pada perut. Tak hanya itu, bagian pinggang dan persendian tulang belakang juga mulai terasa nyeri dan pegal.

Lebih parahnya lagi ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki. Karena itulah, untuk menangani hal semacam ini ibu hamil harus menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi. Pasalnya dapat menyebabkan penyumbatan jalannya aliran darah dan berakhir dengan nyeri dan bengkak.

3. Sering Merasa Cemas

Sering merasa cemas dan emosi yang tidak stabil merupakan hal lazim bagi ibu hamil  sebagai keluhan pada trimester terakhir. Rasa cemas terkadang tidak beralasan yang dikarenakan akibat pengaruh hormon. Sebagaimana mestinya ibu hamil harus berupaya untuk selalu berpikiran positif dan mulai mempersiapkan tas berisi keperluan persalinan untuk mengurangi kekhawatiran.

READ  Orang Tua Tanpa Buku Nikah, Anak Bisa Tak Ber-Akta Kelahiran

Selain itu, perbanyak berdoa dan meditasi juga akan membantu ibu hamil lebih tenang. Jika perlu lakukan olahraga secara rutin seperti yoga agar dapat membangkitkan energy menjadi nyaman dan aman.

4. Sering Buang Air Kecil

Jika kandungan ibu hamil yang semakin besar, maka kandung kemih menjadi terdesak. Maka dari itu, frekuensi buang air kecil lebih semakin meningkat. Sebetulnya hal tersebut bukan suatu masalah, akan tetapi bila bolak-balik ke toilet mungkin sedikit merepotkan.

Kendati demikian, ibu hamil tidak disarankan untuk menahan rasa ingin buang air kecil tersebut. Demi mengurangi tekanan pada kandung kemih, maka  ibu hamil bisa tidur dengan posisi miring pada malam hari.

Itulah Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir. Semoga ulasan tadi bermanfaat bagi anda semua.

 

Facebook Comments
Tags: , ,
Beberapa Keluhan Hamil Saat Trimester Terakhir | Social Writers | 4.5