Belajar Menjadi Orang Tua Lebih Baik - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Belajar Menjadi Orang Tua Lebih Baik

www.pkhkotabatu.com. Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2) atau family development session (fds) rutin dilaksanakan sebulan sekali. Kelompok Teratai dampingan Okky mengikuti pertemuan rutin bulanan dimulai 09.15 – 10.30 wib.
Adapun lokasi kegiatan tersebut di Ngaglik gang 4 Kecamatan Batu kota Batu. 
Pengasuhan anak tidak lepas dari peran serta secara langsung oleh orang tua. Pendamping sosial menyampaikan salah satu sesi dari modul pengasuhan dan pendidikan anak di rumah, menjadi orang tua lebih baik/hebat.
Keluarga penerima manfaat diajak diskusi perihal pengasuhan anak berdasarkan pengalaman praktik sehari – hari.
Peksos supervisor memberikan edukasi permasalahan pengasuhan anak disesuaikan dengan usia anak, dengan karakteristik yang berbeda tentunya.
Selain itu disampaikan materi mengenai non diskriminasi, kepentingan terbaik untuk anak, kelangsungan hidup dan perkembangan anak, penghargaan untuk anak (memberi hadiah, pujian dan semacamnya). Keluarga penerima manfaat juga diajak mengingat hak dan kewajiban sebagai orang tua.

Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (p2k2)/family development session (fds) Program Keluarga Harapan kota Batu


Pengasuhan anak juga ada namanya disiplin positif seperti, mengajari anak menentukan baik dan tidak baik, memberi sangsi ketika melakukan kesalahan, membangun hubungan saling menghargai dengan anak sedangkan bukan disiplin positif selalu membela anak jika berselisih dengan orang lain, mengabulkan semua permintaan anak, pengasuhan serba membolehkan, tidak ada peraturan atau batasan, memarahi anak ketika melakukan kesalahan.

Beberapa tips menjadi orang tua lebih baik/hebat, pertama sejalan antara perkataan dan perbuatan, mengingat hal-hal yang membahagiakan atau positif, mengurangi kekerasan terhadap anak.


Peksos supervisor PKH kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono

READ  Belajar Mengelola Keuangan Keluarga

Source: PKH Kota Batu

Facebook Comments
Tags:
Belajar Menjadi Orang Tua Lebih Baik | ridwan | 4.5