Belasan Ribu Lansia di Badung Bali Mulai Nikmati Gaji, Berikut Nominalnya! - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Belasan Ribu Lansia di Badung Bali Mulai Nikmati Gaji, Berikut Nominalnya!

Belasan Ribu Lansia di Badung Bali Mulai Nikmati Gaji, PKHDaily.com – Santunan alias gaji bagi warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Badung akan di-launching pada puncak HUT Mangupura ke-9, 16 November lusa. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Badung telah selesai melaksanakan verifikasi. Hasilnya, lansia yang berhak menerima gaji Rp 1 juta per bulan berjumlah 13.104 orang.

Kepala Dinsos Badung, I Ketut Sudarsana Selasa (13/11) mengatakan, saat proses verifikasi pihaknya sempat kesulitan, karena sejumlah warga berupaya memanipulasi data.

“Ada lansia mengaku bedridden. Setelah kami cek ke lapangan ternyata tidak benar,” ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, dalam melakukan verifikasi ke lapangan perbekel/lurah dan kelihan diminta memberikan data yang benar. Pasalnya, jika nantinya ada pemeriksaan dan menjadi temuan, aparat desa tersebut bisa ikut terseret.

READ  Dinsos Aceh Serahkan Rp 24.421.900 untuk Korban Gempa Lombok

Meski demikian, kata dia, verifikasi telah dilakukan. Hasilnya, lansia yang berhak menerima gaji berjumlah 13.104 orang. Pun SK Pencairan dana bantuan perlindungan sosial lansia sudah ditandatangani oleh Bupati Badung.

Para lansia ini juga telah memiliki rekening masing-masing di BPD Bali. Karena pencairan akan menggunakan sistem transfer. “Hasil verifikasi kami ada sebanyak 13.104 lansia yang berhak mendapatkan santunan,” tegasnya.

Lebih lanjut mengenai pencairan, Sudarsana memaparkan, pada anggaran perubahan APBD tahun 2018 ini, santunan lansia akan diberikan untuk empat bulan, yakni September hingga Desember dengan jumlah Rp 54 miliar.

“Untuk pencairan tahap pertama, akan diberikan selama tiga bulan, yang akan dilaksanakan bertepatan dengan HUT Mangupura 16 November mendatang. Untuk yang selanjutnya akan diberikan pada pencairan tahap II,”paparnya.

READ  Presiden Perintahkan BNPB, Kemensos dan Panglima TNI Tangani Korban Tsunami

Seperti diketahui, bantuan perlindungan sosial lansia digulirkan Pemkab Badung melalui Peraturan Bupati Badung Nomor 38 Tahun 2018. Mereka yang masuk kriteria penerima santunan lansia adalah lansia yang tidak potensial paling rendah berumur 72 tahun, lansia berumur 60 tahun ke atas dan tidak berdaya (bedridden), bukan lanjut usia yang sedang menerima pensiun /santunan pemerintah mapun lembaga sosial, dan bukan lanjut usia yang menjadin binaan dan tanggung jawab panti sosial Tresna Werdha atau panti sosial.

Mengenai persyaratan penerima wajib menyetor fotokopi e-KTP atau surat keterangan dari perbekel/lurah. Fotokopi KK Kabupaten Badung yang tercantum nama lansia serta fotokopi buku tabungan BPD Bali atas nama lansia yang menerima.

Untuk lansia bedridden harus menyertakan surat kuasa yang diketahui oleh perbekel dan lurah. Bantuan ini besarannya diberikan sebesar Rp 1 juta perorang perbulan dan akan dicairkan tiga bulan sekali.

Sumber: https://baliexpress.jawapos.com/read/2018/11/14/103512/16-november-2018-belasan-ribu-lansia-di-badung-mulai-nikmati-gaji

Facebook Comments
Tags: , , , ,
Belasan Ribu Lansia di Badung Bali Mulai Nikmati Gaji, Berikut Nominalnya! | Social Writers | 4.5