Berikut Nominal Anggaran PKH 2019 Sesuai Permintaan Presiden Jokowi - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Berikut Nominal Anggaran PKH 2019 Sesuai Permintaan Presiden Jokowi

PKHDaily.com – Tahun 2018 ini, Pemerintah memberikan PKH untuk 10 juta penerimaatau KPM. Jumlah yang diberikan sebesar 16 persen dari pengeluaran rumah tangga pada umumnya.

“Saya minta bisa naik hingga 20 persen,” minta Pak Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 5 Maret 2018.

Pak Jokowi memperkirakan, pemerintah perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp 20 triliun dengan kenaikan sebesar itu. Sehingga total anggaran untuk PKH akan menjadi Rp 70 triliun. Beliau meminta Bappenas membuat simulasi tersebut secepatnya.

“Tolong dihitung sekali, agar yang berkaitan dengan keluarga pra sejahtera bisa ditangani secepat-cepatnya. Kalau sekarang Rp 50 triliun, hanya perlu tambahan Rp 20 triliun,” papar Jokowi.

READ  Family Development Session (FDS) : Upaya Pencegahan Kekerasan dan Perlakuan Salah

Menurut Pak Jokowi, tambahan anggaran ini efektif menurunkan jumlah kemiskinan di Indonesia. Dia yakin angka kemiskinan tahun depan bisa turun hingga di bawah 9 persen jika program PKH berjalan tepat sasaran dan tepat waktu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bapak Bambang Brodjonegoro mengemukakan pihaknya saat ini tengah melalukan simulasi kenaikan PKH baik dari jumlah dana maupun penerimanya. Bappenas juga masih harus berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan untuk memastikan ketersediaan dana.

Dia mengatakan, skema kenaikan PKH memungkinkan dilakukan jika dilihat dari sisi mekanisme. Terlebih lagi program ini sudah dikonversi menjadi bantuan non tunai. “Tapi tentu harus disesuaikan dengan ketersediaan anggaran,” kata dia.

Dia mengatakan kenaikan PKH ini akan memberikan manfaat langsung kepada penurunan kemiskinan dan ketimpangan. Menurut Bambang, PKH merupakan salah satu instrumen anggaran yang paling efektif untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan.

READ  Meraih Sukses Usaha Dari Modal Uang PKH

Seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, penambahan anggaran maupun penerima PKH tahun depan bisa menurunkan kemiskinan hingga di bawah 9 persen tahun depan. Jika skema tersebut dilakukan tahun ini, Bambang menyatakan kemiskinan bisa turun di bawah 10 persen.

Facebook Comments
Tags: ,
Berikut Nominal Anggaran PKH 2019 Sesuai Permintaan Presiden Jokowi | Social Writers | 4.5