Berkat PKH Kemensos, Kini Siti Jariyah Berpenghasilan Rp1 Juta Perhari - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Berkat PKH Kemensos, Kini Siti Jariyah Berpenghasilan Rp1 Juta Perhari

PKH Kemensos, PKHDaily.com – Setelah menjalani usaha dengan bantuan Kementerian Sosial (Kemensos), Kini Siti Jariyah (42), sudah memiliki penghasilan sendiri sebesar Rp1 juta per hari.

Bahkan melalui usaha makanan gado-gado dan lontong sayur dengan modal Rp200 ribu, kini ibu beranak empat tersebut telah menyewa sebuah rumah toko di Apartemen Mutiara, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

“Alhamdulillah rencananya pekan ini saya akan buka cabang di sana,” kata Siti di Perumahan Kemang Ifi Graha, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Rabu (27/2/2019). Saat ini Siti masih berjualan di tempat usahanya yang lama di sebuah bangunan bekas ruko di Perumahan Kemang Ifi Graha.

READ  Graduasi Mandiri Sejahtera PKH Kota Batu

Di sana, Siti mengeluarkan uang sewa kepada pengurus RT dan RW setempat sebesar Rp70 ribu setiap hari. Menurutnya, kehidupannya sekarang lebih baik berkat Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial yang diikutinya sejak 2014 lalu. Selama mengikuti program itu sampai 2018 lalu, Siti mendapat bantuan dari kementerian.

PKH Kemensos

Siti Jariyah (42), ibu beranak empat tersebut sudah memiliki penghasilan sendiri sebesar Rp1 juta per hari setelah mengikuti PKH Kemensos. Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya

Siti Jariyah (42), ibu beranak empat tersebut sudah memiliki penghasilan sendiri sebesar Rp1 juta per hari setelah mengikuti PKH Kemensos. Foto/SINDOnews/Abdullah M Surjaya

Pekerja Sosial Supervisor Kota Bekasi dari Kementerian Sosial, R. Dika Permatadiraja mengatakan, mulai 21 Januari 2019 lalu Siti Jariyah dan Hendro Jokosekti telah mengundurkan diri dari penerima manfaat PKH Kementerian Sosial. Sebab mereka sudah menyatakan mampu dalam menjalani kehidupannya.

READ  PKH Aceh Himpun Dana Untuk Sulteng Hingga Ratusan Juta

“Meski sudah mundur dari porgram PKH, tapi mereka tetap menjadi keluarga penerima manfaat (KPM) usaha ekonomis produktif binaan PKH Kelurahan Jatirasa,” katanya. Menurut dia, semangat dan komitmen Siti dapat menjadi inspirasi KPM lainnya, bahwa kehidupannya tidak bergantung pada dana bantuan sosial saja.

Selain untuk kebutuhan sehari-hari, kata dia, bantuan yang diberikan kementerian ini bisa dimanfaatkan untuk modal usaha. Misalnya, jenis usahanya seperti warung klontong, usaha kuliner, jajanan dan sebagainya. Hingga kini, di Kota Bekasi ada 42.354 KPM di Kota Bekasi. Jumlah itu terdiri dari warga tidak mampu, penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia).

Sumber: https://metro.sindonews.com/

Facebook Comments
Tags: , , ,
Berkat PKH Kemensos, Kini Siti Jariyah Berpenghasilan Rp1 Juta Perhari | Social Writers | 4.5