Wali Kota Sukabumi: BPNT Adalah Program Fenomenal - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Wali Kota Sukabumi: BPNT Adalah Program Fenomenal

BPNT Adalah Program yang Fenomenal – Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Wilayah I bersama dengan Direktorat Jaminan Sosial Keluarga melaksanakan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di di Gelanggang Olahraga (GOR) Suryakencana, Kota Sukabumi, Rabu (10/4).

Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, dalam sambutannya menyatakan bahwa BPNT adalah program yang fenomenal, karena Kementerian Sosial menggelontorkan dana yang sangat besar bagi 12.000 KPM BPNT untuk dibelanjakan secara non tunai di e-warong dengan bahan pangan berupa beras dan telur.

Program ini secara signifikan meningkatkan kualitas Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang merupakan warga Sukabumi terutama dalam memberikan akses kebutuhan pokok bagi warga miskin.

Meskipun demikian, masih ada kendala dalam pelaksanaan program BPNT, saldo nol dan kartu error masih ditemukan, sehingga Walikota mengharapkan dengan hadirnya Menteri Sosial di Kota Sukabumi dapat memberikan solusi terkait kedua permasalahan tersebut.

READ  Kartu Sembako Murah, KIP Kuliah dan Kartu Pra Kerja

Menanggapi pernyataan Wali Kota Sukabumi, Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan bahwa permasalahan yang disampaikan ada pada teknologi.

“Meskipun jumlah saldo nol dan kartu rusak tidak banyak, namun sekecil apapun masalah, Kementerian Sosial akan mencarikan jalan keluar dengan berkoordinasi dengan BNI selaku Bank Penyalur yang bertugas menyalurkan BPNT dan PKH di Kota Sukabumi,” tutur Mensos.

Mensos juga mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Kota Sukabumi sangat menjadi perhatian bagi pemerintah pusat. Ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah KPM BPNT dan PKH yang semula hanya sebanyak 2.200 KPM pada tahun 2013 menjadi 12.000 KPM pada tahun 2019.

Sementara itu dalam wawancara yang terpisah, Ibu Neng Tuti, KPM BPNT dan PKH dari Kelurahan Benteng, Kecamatan Waru Doyong, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Pemerintah. Melalui BPNT, Ibu Tuti sangat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pokok keluarga.

READ  Berikut Target Kemensos Soal Pengalihan Bansos ke BPNT

Sekali belanja, saya bisa dapat 5 kg beras premium dan telor 1 karpet, ujar Ibu Tuti.

Menurut Ibu Tuti, lokasi e-warong juga sangat dekat, hanya beda RW, dan perangkat kelurahan juga sangat membantu dalam mensosialisasikan dan mengumumkan kapan beras dan telur tersedia di e-Warong.

Ia berharap, agar dirinya bersama ibu-ibu yang lain juga dapat membelanjakan uang bantuan untuk minyak goreng, gula dan bahan pokok lainnya.

“Akan tetapi kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah atas bantuan yang telah diberikan kepada kami,” tuntas Ibu Tuti.

Sumber: https://m.jitunews.com/read/99435/wali-kota-sukabumi-bpnt-program-fenomenal

Facebook Comments
Tags: , , ,
Wali Kota Sukabumi: BPNT Adalah Program Fenomenal | Social Writers | 4.5