Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil – Pada masa kehamilan pertama terkadang wanita hamil seringkali mengeluh apa yang terjadi. Bahkan beberapa kali mereka akan merasakan perut kembung. Hal semacam ini rupanya dapat terjadi karena peningkatan gas lambung oleh hormone progesterone. Parahnya lagi perut kembung mampu memicu gangguan pencernaan menjadi lambat akibat gas yang berkumpul di bagian perut.

Apabila perut kembung pada hamil kerap terjadi, maka akan membuat merasa tidak nyaman. Bisa jadi masalah ini ditimbulkan dari kebiasaan mengkonsumsi makanan  yang berlemak. Bahkan cara makan yang tidak benar akan mengakibatkan perut kembung. Oleh karena itu, demi menghindari perut kembung saat hamil, hindari jenis makanan seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan perut kembung bagi ibu hamil. Salah satunya adallah dengan menghindari mengkonsumsi Makanan yang Membuat Keluhan Perut Kembung Saat Hamil. Berikut makanan penyebab perut kembung bagi ibu hamil:

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil

1. Kacang

Kacang memang menjadi salah satu jenis makanan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun jika kacang dimakan secara berlebihan akan menimbulkan perut kembung pada ibu hamil. Hal ini karena kacang dianggap mengandung raffinose yang bisa menimbulkan gas. Sebaiknya dalam mengolah kacang agar  tetap aman dikonsumsi, anda rendam dulu, dan  kemudian dicuci dengan bersih guna mengurangi kandungan tersebut.

READ  Manfaat Konsumsi Bengkoang Untuk ibu hamil Secara Rutin

2. Kubis

Ketika memasuki masa hamil, seorang wanita harus mempersiapkan pengetahuan mengenai berbagai jenis makanan. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi menjadi penyebab anda mengalami perut kembung. Salah satunya adalah sayuran kubis yang termasuk jenis sayuran sebagai pelambat system pencernaan serta menyebabkan anda menjadi mulas. Sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi jenis sayuran kubis dalam jumlah yang banyak.

3. Keju

Keju merupakan hasil olahan susu yang termasuk dalam daftar makanan penyebab perut kembung pada ibu hamil.  Biasanya keju yang harus anda hindari untuk dikonsumsi saat hamil ini adalah jenis keju yang tidak melalui proses pasteurisasi. Pasalnya akan membuat perut anda menjadi kembung, apalagi keju yang tidak melalui proses tersebut mampu beresiko bahaya untuk janin lantaran masih terdapat  mikroorganisme atau bakteri.

READ  Cara Mengatasi Sembelit Bagi Ibu Hamil Dengan Makanan Berikut

4. Kentang

Seperti yang kita tahu bahwa kentang memiliki  banyak kandungan pati cukup tinggi di dalamnya, sehingga berbahaya untuk ibu hamil. Hal tersebut akan  bisa memperlambat pencernaan dan juga membuat bakteri di dalam usus besar menimbulkan masalah pencernaan, sehingga terjadilah penumpukan gas dan membuat perut anda menjadi kembung. Jadi, kurangi konsumsi kentang meskipun di satu sisi sayuran ini baik untuk tubuh.

5. Mentimun

Satu lagi jenis makanan yang memamg memiliki kandungan air yang cukup banyak. Timun tidak hanya membuat pencernaan menjadi lancar, akan tetapi juga menimbulkan berbagai kondisi kesehatan yang buruk seperti perut menjadi kembung. Ada baiknya, bagi para ibu hamil yang memiliki masalah pada lambungnya, maka harus menghindari untuk mengkonsumsi mentimun sementara waktu demi sang buah hati anda sendiri.

Demikian ulasan penting yang wajib ibu hamil ketahui sejak dini tentang Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil. Selain itu, hindari pula makanan yang berkadar lemak jenhuh tinggi, seperti makanan yang digoreng  karena akan sulit dicerna. Tetap utamakan menjaga pola makan dengan baik agar sehat.

Facebook Comments
Tags: , , ,
Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil | Social Writers | 4.5