Beromset 9 Juta, Ini Cara Winardi Berdayakan Kelompok PKH - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Beromset 9 Juta, Ini Cara Winardi Berdayakan Kelompok PKH

Pemberdayaan Kelompok PKH – Pemberdayaan Kelompok menjadi salah satu cara untuk memajukan kesejahteraan kelompok. Namun, dalam Program Keluarga Harapan pencapaian utama yang disasar serta sebagai indikator kesuksesan program adalah kemampuan KPM untuk GRADUASI SEJAHTERA MANDIRI.

Memunculkan ide Pemberdayaan Kelompok bukanlah hal yang mudah untuk di aplikasikan ke seluruh kelompok di berbagai tempat. Sebab, pemberdayaan harus melihat potensi-potensi yang ada di sekitar Kelompok tersebut terbentuk, serta harus melihat kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh anggota kelompok.

Pemberdayaan kelompok akan lebih maksimal ketika kita bisa bekerjasama dengan lintas sektor seperti penyuluh atau pendamping program dari Dinas-Dinas Lainnya. Seperti yang dilakukan oleh Winardi, Pendamping PKH Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur ini.

READ  Berikut Point Penting Untuk Bisa Jadi ASN Kategori PPPK

READ  Potret Distribusi Media Sosialisasi PKH (Bagian 22)

Pemberdayaan Kelompok PKH

Pemberdayaan Kelompok PKH

Dalam kegiatan pemberdayaan kelompok PKH, pendamping yang akrab disapa Maz Ganteng ini menggandeng penyuluh/pendamping Pertanian Desa. Adapun kegiatan pemberdayaan yang dilakukan adalah budi daya Kacang Panjang bekerja sama PT. BISI 2.

Konsepnya, benih kacang panjang dipinjami oleh PT. BISI 2 melalui pendamping pertanian. Nantinya ketika sudah masa panen, kelompok wajib mengembalikan benih sesuai dengan berapa KG benih yang dipinjam diawal.

“Untuk bibit langsung dari pt bisi 2 maz,.. dan saat penanaman sampai panen di dampingi petugasnya… kita misal panen mengembalikan misal 1 kg bibit d kembalikan 1 kg pas panen” Kata Maz Ganteng saat kami coba hubungi.

Dari satu jenis kegiatan pemberdayaan ini, kelompok PKH dampingannya mampu mendapatkan omset sekita Rp.9 juta dalam satu kali panen.

READ  Mensos : Permudah pelayanan PKH di daerah perbatasan dengan "EDC Offline"

READ  Data PKH Bermasalah, Lurah Ngaku Tak Dilibatkan

“Untuk tahap awal uji coba kemarin di kelompok Dusun Ngerjo,.. dengan menanam benih 17 kg dengan jangka waktu 3 bulan menghasilkan isi kacang panjang 3 kwintal lebih,. .. kemarin diuangkan sekitar 9 jt koma sekian.. dan ke depan 6 kelompok ikut menanam mz” penjelasan winardi melalui WA.

Winardi berharap, dengan berbagai pemberdayaan yang dilakukan bisa memudahkan Anggota Kelompok untuk mencapai graduasi mandiri.

“Pikirku dengan kita memberi pendekatan berbagai pemberdayaan kita akan lebih mudah mengradusai,..”

Facebook Comments
Tags: , , ,
Beromset 9 Juta, Ini Cara Winardi Berdayakan Kelompok PKH | Social Writers | 4.5