E-Warung Menjadi Salah Satu Program Pemberdayaan KPM - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

E-Warung Menjadi Salah Satu Program Pemberdayaan KPM

E-Warung Jadi Program Pemberdayaan KPM, PKHDaily.com – Warung Elektronik (E-Warung) menjadi tempat penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat penerima. Selain sebagai tempat penyaluran bantuan, E-Warung juga berperan sebagai sarana pemberdayaan masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial Republik Indonesia. Pasalnya, pengurus E-Warung merupakan anggota KPM di masing-masing daerah.

Seperti yang disampaikan oleh Koordinator Kecamatan (Korcam) PKH Kecamatan Karanganyar, Bakhtiar Nugroho. Setiap E-Warung dikelola oleh sepuluh pengurus yang merupakan KPM di daerahnya. Di Kecamatan Karanganyar, terdapat dua E-Warung yakni E-Warung Maju Sejahtera di Desa Banjarejo dan E-Warung Limbangan Jaya di Desa Limbangan.

“Pengurus E-Warung adalah penerima manfaat PKH, jadi ini sekaligus pemberdayaan dari pengurus-pengurus tersebut. Ke depan kami berencana untuk membuka satu lagi E-Warung di Desa Legokkalong, itu tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat terutama penerima PKH,” ujarnya.

READ  Berikut Target Kemensos Soal Pengalihan Bansos ke BPNT

Menurut Bakhtiar Nugroho, keberadaan E-Warung sangat membantu KPM yang lebih banyak terdiri dari ibu-ibu rumah tangga. E-Warung menjadikan KPM lebih produktif sehingga bisa lebih cepat menuju sejahtera. Untuk jangka panjang, Bakhtiar Nugroho juga berencana untuk memasarkan produk-produk masyarakat di E-Warung tersebut.

“Kalau masyarakat mempunyai produk bisa dipasarkan di E-Warung. Itu tujuan jangka panjang. Mudah-mudahan kalau bisa setiap desa bisa mempunyai satu E-Warung untuk memberdayakan sehingga ini jadi langkah konkret agar KPM bisa cepat sejahtera,” lanjutnya.

Senada dengannya, Pendamping PKH Kecamatan Kedungwuni, Siti Rodhiyah juga mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, E-Warung menjadi program pemberdayaan yang mempercepat kesejahteraan KPM. Ia juga menuturkan bahwa setiap KPM bisa menjadi pengurus E-Warung.

READ  Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai 2018

Disebutkan, terdapat lima E-Warung yang tersebar di seluruh Kecamatan Kedungwuni, yakni E-Warung Kedungwuni Berkah, E-Warung Kedungwuni Jaya, E-Warung Pakis Beras, E-Warung Podo Maju, dan E-Warung Surplus.

“Harapan kami dengan adanya E-Warung ini KPM bisa mandiri, memberdayakan mereka dalam pengurusan E-Warung, sehingga bisa lebas dari PKH dan sudah mandiri,” tandasnya.

Sumber: https://radarpekalongan.co.id/55725/e-warung-jadi-program-pemberdayaan-kpm/

Facebook Comments
Tags: , , ,
E-Warung Menjadi Salah Satu Program Pemberdayaan KPM | Social Writers | 4.5