Eksistensi Pendamping PKH Menurut Komisi VIII DPR RI - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Eksistensi Pendamping PKH Menurut Komisi VIII DPR RI

Eksistensi Pendamping PKH Menurut Komisi VIII DPR RI, PKHDaily.com – Anggota Komisi VIII DPR RI Iqbal Romzi mengatakan, eksistensi para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) sangat penting. Selain memetakan kelayakan keluarga miskin juga memberi masukan bagi keluarga penerima bantuan. Untuk itu, profesionalisme para pendamping PKH, menjadi kebutuhan agar mampu memetakan PKH dengan baik.

“Para pendamping itu harus menyampaikan data dan fakta yang akurat kepada pemerintah agar tak salah mengambil kebijakan,” kata Iqbal di sela-sela Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI ke Kantor Dinas Sosial, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (02/11/2018).

Iqbal juga menyerukan perlunya perbaikan sistem dan database para peserta PKH. “Fungsi pendamping dan konektivitas antar instansi sangat penting. Kami mendapat informasi dari Kepala Dinas Sosial bahwa konektivitas kadang-kadang tidak nyambung. Oleh karena itu, saya mendorong agar kementerian, provinsi, dan kabupaten/kota harus sinergi,” pesannya.

READ  Kampung Siaga Bencana, Berikut 5 Hal Yang Harus Diperhatikan
READ  Terlibat Politik, Pendamping Sosial Akan Dapat SP-1

Legislator PKS itu menambahkan, pengawasan menjadi keniscayaan yang penting untuk diperhatikan. Iqbal berharap, pengawasan dilakukan hingga komunitas peserta PKH di berbagai daerah. Bantuan ini harus diawasi agar tak salah sasaran. “Fungsi pengawasan kita harus sampai ke daerah, tidak saja di provinsi, tapi langsung kepada penerimanya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Tim Kunker juga menyaksikan penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial untuk keluarga peserta PKH di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel. Legislator dapil Sumsel itu memastikan, temuan dan kendala teknis di lapangan menjadi masukan bagi Komisi VIII DPR RI untuk kemudian membicarakannya dengan Kemensos.

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/politik/1091336-komisi-viii-pendamping-pkh-miliki-peran-penting

Facebook Comments
Tags: , ,
Eksistensi Pendamping PKH Menurut Komisi VIII DPR RI | Social Writers | 4.5