GRADUASI: Sukses Usaha Laundry dan Sembako, Aku Pun Undur Diri

KPM PKH Graduasi 2019, PKHDaily.com – Beraneka macam latar belakang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengajukan pengunduran diri secara sukarela atau graduasi mandiri dari kepesertaan PKH. Beberapa KPM yang sudah keluar dari PKH, ada yang menyatakan karena sudah naik status pekerjaan suaminya sehingga secara sadar diri mengajukan keluar dari PKH. Selain itu, ada KPM PKH yang telah berhasil mengembangkan usaha dengan mendapatkan keuntungan besar sehingga kehidupan keluarganya dirasakan sudah sejahtera akhirnya memutuskan graduasi mandiri.

Kesuksesan dalam berwirausaha yang diraih oleh KPM PKH berkat ketekunan dan keuletan serta semangat untuk merubah nasib keluarganya ke arah yang lebih baik. Sudah ada beberapa KPM PKH di kota Balikpapan yang telah berhasil dan sukses dalam mengembangkan usaha. Kali ini ada cerita sukses KPM PKH Kumalasari kepesertaan tahun 2017 beralamat Jl.Letjen Suprapto Rt. 29 Kelurahan Baru Tengah Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan berhasil membuka usaha laundry dan warung sembako sehingga menyatakan keluar secara sukarela atau graduasi mandiri dari kepesertaan PKH pada bulan ini.

Saat berkunjung ke rumahnya, KPM PKH Kumalasari diceritakan bahwa beliau dari dulu memang sudah sering membuka usaha bersama suaminya. Awal membuka usaha, dimulai pada tahun 2013. Kumalasari dan suami membuka usaha berjualan mie ayam di pinggir jalan utama. Saat itu jualan mie ayamnya dikatakan berhasil dan sudah mempunyai banyak pelanggan. Ia berjualan mie ayam dari jam satu siang sampai jam lima sore setiap harinya.

Artikel Kiriman:
Subejo (Fb: b’Joos Ortega)
Pekerja Sosial Supervisor PKH
Kota Balikpapan

Tetapi disaat jualan mie ayamnya sudah sukses, tahun 2015 tempat jualannya digusur karena kena proyek pelebaran jalan sehingga ia dan suaminya memutuskan berhenti berjualan mie ayam sebab tidak ada lagi tempat untuk berjualan. Kata Kumalasari.

See also  Dapat Motivasi, 27 KPM PKH di Kecamatan Ini Seketika Ikhlas Mundur Dari PKH

Pada tahun 2016, Kumalasari mendapatkan modal pinjaman dari saudaranya sebesar Rp 3 juta. Tadinya uang pinjaman itu akan digunakan untuk berjualan di sekolah namun tidak jadi, kemudian ia digunakan untuk membeli mesin cuci dan memulai membuka usaha laundry. Usaha laundrynya pun mulai ramai bahkan ia pun bisa mempekerjakan satu KPM PKH untuk membantu menyetrika baju-baju laundrynya. Keuntungan yang sudah di dapat dari usaha laundry sampai sekarang ini sebesar Rp 2 juta bersih setiap bulannya. Ungkapnya Kumalasari.

KPM Graduasi Mandiri Ibu Kumalasari Kohor 2017 dari Balikpapan Kaltim
KPM Graduasi Mandiri Ibu Kumalasari Kohor 2017 dari Balikpapan Kaltim

Selain sudah sukses membuka usaha laundry, ia pun pada tahun 2018 mengembangkan usaha berjualan sembako. Kebetulan ada teman suaminya yang mau memberikan modal pinjaman namun dalam bentuk barang seperti beras,minyak sayur, bawang putih dan yang lainnya. Proses pengembalian pinjaman untuk buka usaha sembako dicicil setiap minggu, sebelum lebaran 2018 sudah bisa melunasinya. Tambah Kumalasari

Agar lebih banyak lagi dagangannya selain berjualan sembako, keuntungan berjualan sembako, ia dibelanjakan lagi membeli aneka jenis jajanan anak-anak kemudian ia juga merambah ke usaha pembayaran listrik, pembelian pulsa, tv kabel, BPJS Kesehatan melalui aplikasi. Dikatakan juga, bahwa ia sampai sekarang ini masih juga sering menerima pesanan mie ayam dan bakso bila ada acara hajatan disekitar rumahnya bahkan di hotel. Tambah Kumalasari.

See also  Presiden Minta Penerima Bijak Memanfaatkan Dana PKH dan BPNT

Bagi Pendamping PKH Sugeng Widodo sangat bangga dan senang karena untuk kesekian kalinya ada KPM PKH dampingannya bisa berhasil dan sejahtera mandiri serta terlepas dari kemiskinan berkat semangat dan kerja keras dalam mengembangkan usaha. Dikatakan juga, setiap kegiatan P2K2 selalu mengingatkan kepada para KPM PKH agar bisa memanfaatkan dana bansos PKH untuk pengembangan usaha. Hal itu sesuai dengan pembahasan di modul ekonomi. Tambah Sugeng Widodo.

Pihak Kelurahan Baru Tengah melalui Sekretaris Lurah Ilhamsyah dan Kasie Pemberdayaan Masyarakat Susanti Rahayu mengatakan sangat senang dan salut akan semangat yang dimiliki KPM PKH Kumalasari sehingga bisa sukses dan keluar dari kepesertaan PKH. Semoga saja ke depan KPM PKH di wilayah Kelurahan Baru Tengah banyak yang mengikuti jejak KPM PKH Kumalasari bisa secepatnya sejahtera dan mandiri. Kata Ilhamsyah.

Sedangkan Sularto Kasie Jaminan Sosial Keluarga dan Warga Negara Migran Bermasalah Sosial dari Dinas Sosial Balikpapan mengatakan sangat mengapresiasi atas keputusan KPM PKH Kumalasari. Dan hal ini, merupakan yang kesekian kalinya bagi KPM PKH kota Balikpapan berhasil mengembangkan usaha sehingga bisa sejahtera serta mandiri.

Perlu disampaikan juga bagi KPM PKH yang lain agar bisa belajar dari kesuksesan yang sudah diraih KPM PKH Kumalasari sekarang ini. Kalau dari diri kita ada kemauan untuk merubah nasib asal tekun dan kerja keras pasti akan ada hasil namun semua itu butuh proses tidak semudah mengembalikan telapak tangan dalam meraih kesuksesan. Pungkasnya.

Facebook Comments Box