Headline News Program Keluarga Harapan 17/10 - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Headline News Program Keluarga Harapan 17/10

Kabar Terkini Program Keluarga Harapan 17/10/2019 – Berikut ini kami sampaikan beberapa kabar terbaru dan terkini seputar Program Keluarga Harapan, Edisi 17 Oktober 2019. Kabar-kabar terkini tersebut kami rangkum dari berbagai sumber media online maupun media sosial. Sumber artikel kami cantumkan, sehingga bagi anda yang ingin membaca kabar lebih lengkap bisa menuju sumber artikel tersebut. Berikut Headline News Program Keluarga Harapan edisi 17 Oktober 2019:

Malu Disebut Miskin, Penjual Kue Ini Pilih Mundur Sebagai Penerima PKH

Paramita Pratiwi (33), warga RT 1 RW 8, Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, sudah lama memendam keinginannya untuk berhenti menjadi penerima bantuan dari pemerintah, melalui Program Keluarga Harapan ( PKH). Program yang identik dengan bantuan untuk orang miskin itu, dianggapnya tidak tepat bagi dirinya. Saat ditemui di rumahnya Kamis (17/10/2019), perempuan yang sehari-hari berjualan kue ini mengaku, tidak pantas menerima bantuan PKH dari pemerintah.

Malu Disebut Miskin, Penjual Kue Ini Pilih Mundur Sebagai Penerima PKH

Malu Disebut Miskin, Penjual Kue Ini Pilih Mundur Sebagai Penerima PKH

READ  (Sesion 1) Headline News Program Keluarga Harapan Edisi 04 April 2019

Sementara, di samping rumahnya, banyak warga miskin yang lebih berhak mendapatkan bantuan PKH, namun tidak mendapatkannya.

“Saya malu disebut orang miskin dan mendapat bantuan pemerintah terus menerus. Padahal, tetangga saya ada yang miskin tidak dapat bantuan,” ujar perempuan yang akrab disapa Mita ini.

Mita menambahkan, sejak mendapat bantuan pertama kali dari pemerintah pada tahun 2017 lalu, bantuan yang diterimanya tidak pernah diambil sendiri. Namun diberikan kepada tetangganya yang lebih berhak dari dirinya.

“Saya serahkan semuanya kepada tetangga, kerabat dan teman saya yang ekonominya di bawah saya,” ujar istri Andri Sarmawan ini. Perempuan yang kini sudah memiliki dua anak laki-laki ini mengungkapkan, ketika ada pertemuan bulanan di kantor kelurahan bersama dengan para penerima PKH lainnya, merasa heran karena mereka yang juga menerima, dinilai juga tidak berhak menerima.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/2019/10/17/19023551/malu-disebut-miskin-penjual-kue-ini-pilih-mundur-sebagai-penerima-pkh

Kemsos dorong penerima PKH memulai usaha mikro

Kementerian Sosial akan mendorong penerima manfaat dana Program Keluarga Harapan (PKH) untuk menggunakannya bagi kegiatan produktif melalui usaha mikro. Sehingga mereka bisa mandiri dan tidak tergantung kepada pihak lain.

Kemsos dorong penerima PKH memulai usaha mikro

Kemsos dorong penerima PKH memulai usaha mikro

Selengkapnya >>>

READ  Belajar Keuangan Menarik

PKH turunkan angka kemiskinan 2,44%

Kontribusi keluarga harapan terbukti dapat menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia. Hal itu diungkap dalam riset yang dilakukan The SMERU Research Institute.

Senior Research Fellow The SMERU Research Institute Asep Suryahadi mengungkapkan, berdasarkan penelitian dari data yang didapat pada 2014 hingga 2018, angka kemiskinan di Indonesia bisa 2,44% lebih tinggi tanpa kehadiran PKH.

“Tingkat kemiskinan pada 2018 bisa 2,44% lebih tinggi kalau tidak ada PKH dari 9,82% jadi 10,06%,” kata Asep dalam keterangannya, Selasa (15/10).

Asep menyatakan, pengaruh itu terlihat sejalan dengan perluasan penerima PKH dari tahun ke tahun. Sejak diluncurkan pada 2007, PKH terus mengalami perluasan cakupan. Dimulai 2007 dengan jumlah penerima 500 ribu keluarga sangat miskin

Selanjutnya, ada 2014 jumlah penerima meningkat jadi 2.7 juta keluarga miskin. Hingga 2018 meningkat lagi menjadi 10 juta keluarga.

Selain itu, PKH juga terus mengalami perubahan desain transfer bantuan. Dari 2007 hingga 2016, nilai bantuan bervariasi antarkeluarga, berkisar Rp600-2,8 juta per tahun.

Angka itu terus meningkat, tercatat dari 2016 hingga saat ini, penerima PKH menerima Rp1,8 juta per tahun.

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/pkh-turunkan-angka-kemiskinan-244

Facebook Comments
Tags: , ,
Headline News Program Keluarga Harapan 17/10 | Social Writers | 4.5