Inilah Program Utama Kemensos Di Tahun 2019 - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Inilah Program Utama Kemensos Di Tahun 2019

PKHDaily.com, Penurunan Angka Kemiskinan 2019 – Penurunan tingkat kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar menjadi salah satu fokus agenda kerja Kementerian Sosial (Kemensos) pada 2019.

Untuk mendukung rencana kerja ini Kemensos didukung pagu anggaran sebesar 58,9 triliun rupiah, atau naik sebesar 36,06 persen dibandingkan tahun anggaran 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR dengan Kementerian Sosial tentang Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Sosial Tahun Anggaran 2019, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (6/9).

READ  Potret Distribusi Media Sosialisasi PKH (Bagian 22)

Mensos mengatakan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla adalah “Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas”.

Di dalamnya ada lima program prioritas nasional. Pertama, pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar. Kedua, pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektifitas dan kemaritiman.

Ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif. Keempat, pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air. Terakhir, stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

Sementara terkait dengan kenaikan anggaran Kemensos yang 58,9 triliun rupiah pada 2019, Mensos mengatakan, kenaikan anggaran terbesar untuk peningkatan kualitas bantuan sosial PKH.

READ  Simak Cara Kemensos Cegah Warga Desa di Bali Jadi Pengemis

Dimana skema bantuan sosial PKH berubah dari flat 1,89 juta rupiah per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi kembali kondisonal sesuai beban kebutuhan keluarga. “Peningkatan tersebut, pada nilai bantuan komponen pendidikan dan kesehatan sebesar 100 persen,” jelasnya.

Mensos menambahkan, kenaikan anggaran PKH tampak dalam jumlah bantuan tetap sebesar 550 ribu rupiah, komponen kesehatan 2,4 juta rupiah, komponen pendidikan SD sebesar 900 ribu rupiah, SMP 1,5 juta rupiah, dan SMA sebesar 2 juta rupiah.

Sementara untuk komponen kesejahteraan Lansia tetap 2,4 juta rupiah dan penyandang disabilitas 2,4 juta rupiah.

Sedangkan untuk KPM yang berdomisili di daerah terpencil, kepulauan terluar dan perbatasan antarnegara, bantuan tetapnya 1 juta rupiah.

“Kenaikan sekitar indeks bansos 100 persen ini dalam rangka mengurangi angka kemiskinan menjadi 9,3 persen pada akhir tahun 2019,” katanya.

Sumber : http://www.koran-jakarta.com/penurunan-angka-kemiskinan-jadi-program-utama-kemensos-2019/

Facebook Comments
Tags: , ,
Inilah Program Utama Kemensos Di Tahun 2019 | Social Writers | 4.5