EDC Luring, Inovasi Baru Penyaluran Bantuan Non Tunai - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

EDC Luring, Inovasi Baru Penyaluran Bantuan Non Tunai

PKHDaily.com – Kondisi geografis Indonesia yang belum memungkinkan untuk seluruh wilayah menerapkan sistem online, mendorong Himbara untuk berinovasi guna melancarkan Penyaluran bantuan Sosial Non Tunai. Salah satu inovasi yang baru saja diluncurkan oleh Kemensos dan Himbara adalah EDC Luring.

Sebelumnya EDC sangat bergantung dengan keberadaan sinyal Seluler. Namun adanya beberapa wilayah yang sangat sulit bahkan belum terjangkau Sinyal Seluler atau yang disebut dengan Blankspot, menghambat penggunaan EDC ini.

Dengan EDC luring atau EDC offline, maka penyaluran bantuan Non TUnai yang sedang naik daun ini bisa teratasi tanpa keberadaan Sinyal Seluler. Peralihan dari EDC During menjadi EDC Luring ini merupakan Inovasi Teknologi baru untuk penyaluran bantuan Sosial oleh Kemensos dan Himbara.

READ  Tahun 2018, Penerima Bantuan PKH di Wonogiri Mencapai 42.512 Keluarga

“Sistem kerja EDC offline dengan menggunakan KKS digesek pada mesin EDC, lalu diverifikasi melalui KTP-el dan finger print. Sangat simpel karena tidak harus bergantung pada sinyal karena data penerima sudah diinput terlebih dahulu kedalam EDC,” Tutur Ibu Khofifah Indar Parawansa, seperti yang kami kutip dari republika.co.id

Ibu Khofifah juga menambahkan bahwa revolusi bansos nontunai yang dilakukan Kemensos merupakan wujud implementasi instruksi Presiden Jokowi pada April 2016 lalu yang kemudian dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Nontunai.

Sumber : republika

Facebook Comments
Tags: , , ,
EDC Luring, Inovasi Baru Penyaluran Bantuan Non Tunai | Just Writer | 4.5