Jumlah Penghasilan Kategori Miskin Di Indonesia - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Jumlah Penghasilan Kategori Miskin Di Indonesia

PKHDaily.com – Jumlah penduduk miskin di Indonesia menyentuh angka 27,76 juta orang per September 2016 lalu. Dari jumlah tersebut sebanyak 17,3 juta tinggal di pedesaan, sementara sisanya tinggal di kota.

Penghitungan penduduk miskin itu mengacu kepada batas penghasilan per kapita per bulan. Namun, angka penghasilan sebagai batas garis kemiskinan itu tidak tetap.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Bojonegoro mengatakan, sejak September 2016, penghasilan penduduk yang menjadi batas garis kemiskinan yakni Rp 361.990 per kapita per bulan.

ilustrasi gaji(Thinkstockphotos.com)

ilustrasi gaji(Thinkstockphotos.com)

“Artinya, yang kami harus jaga adalah memperbanyak jumlah penduduk yang bisa hidup di atas garis kemiskinan tersebut,” kata Bambang saat rapat dengan Badan Anggaran DPR, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

READ  BNI Bakal Sinergikan PKH Dengan Program Bank Sampah

Penghasilan sebagai batas garis kemiskinan September 2016 itu naik bila dibandingkan Maret 2014.

Saat itu, penghasilan penduduk yang jadi batas garis kemiskinan yakni Rp 302.735 per kapita per bulan.

Batas garis kemiskinan itu, bisa naik dan turun dipengaruhi oleh berbagai faktor yakni angka inflasi dan harga kebutuhan dasar.

Selama ini, tingginya inflasi sangat berpengaruh kepada angka kemiskinan. Sebab inflasi akan menggerus penghasilan penduduk akibat kenaikkan harga kebutuhan dasar.

“Kuncinya adalah menjaga harga kebutuhan dasar sehingga menjaga inflasi ini jadi sangat penting,” kata Bambang.

Saat ini, harga beras menjadi penyumbang kebutuhan dasar terbesar terhadap tingkat kemiskinan. Angkanya mencapai 22 persen.

Pemerintah sudah memiliki berbagai program penanggulangan kemiskinan. Program itu meliputi perluasan konversi beras sejahtera menjadi layanan nontunai di seluruh kota dan sebagian besar kabupaten.

READ  Cara Mendaftar Program Keluarga Harapan PKH

Program lainnya, berupa penyaluran subsidi energi dan LPG 3 kg nontunai.

Selain itu, ada juga perluasan program keluarga harapan (PKH) dan perluasan jangkauan pelayanan dasar seperti air bersih dan sanitasi.

Dalam RAPBN-P 2017, pemerintah percaya bahwa angka kemiskinan akan mengalami penurunan hingga menjadi 10,4 persen. Pada September 2016 lalu, angka kemiskinan masih 10,7 persen dari total penduduk Indonesia.

Sumber:

Facebook Comments
Tags: ,
Jumlah Penghasilan Kategori Miskin Di Indonesia | Social Writers | 4.5