Empat Capaian Kemensos Dalam Kebijakan Nasional Percepatan Pengurangan Kemiskinan - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Empat Capaian Kemensos Dalam Kebijakan Nasional Percepatan Pengurangan Kemiskinan

PKHDaily.com – Berikut ini empat capaian Kemensos dalam Kebijakan Nasional Percepatan Pengurangan Kemiskinan:

Pertama,

Ketersediaan data penduduk miskin dan rentan miskin melalui Basis Data Terpadu SIKS-NG. Aplikasi SIKS-NG memungkinkan dilakukannya updating data secara cepat dan tepat.

Kedua,

Integrasi sasaran bantuan sosial yang menggunakan SIKS-NG, sehingga terlaksana komplementaritas program perlindungan sosial. “Adanya target yang sama yang disasar dengan berbagai program bantuan sosial akan meningkatkan efek program sehingga kesejahteraan masyarakat sasaran bisa segera tercapai,” kata Mensos.

Ketiga,

Terdapat peningkatan kualitas bantuan PKH di 2019. Bantuan PKH akan menyesuaikan beban dari KPM dengan maksimal empat orang anggota keluarga serta terdapat peningkatan bantuan untuk komponen pendidikan dan kesehatan. “Melalui peningkatan kualitas bantuan PKH diharapkan KPM dapat mandiri dan meningkat kesejahteraannya,” katanya.

READ  Daftar Nama Lolos Administrasi CPNS Kemensos RI 2018

Keempat,

Pelaksanaan inklusivitas keuangan. Penyaluran bantuan sosial secara non tunai menjadi strategi untuk meningkatkan percepatan inklusivitas keuangan. Pada 2018, sasaran PKH dan BPNT diperluas menjadi 10 juta KPM.

Sumber: http://www.tribunnews.com/nasional/2019/02/02/tekan-angka-kemiskinan-hingga-9-mensos-dorong-jajaran-kemensos-tingkatkan-kinerja?page=2

Facebook Comments
Tags: , , ,
Empat Capaian Kemensos Dalam Kebijakan Nasional Percepatan Pengurangan Kemiskinan | Social Writers | 4.5