Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua

Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua – Memasuki trimester kedua, nutrisi yang diperlukan semakin kompleks. Hal ini dikarenakan pertumbuhan janin sudah mulai meningkat sehingga asupan nutrisi yang banyak sangat diperlukan. pada fase ini janin sudah memiliki jenis kelamin dan proses pembentukan syaraf sedang proses penyempurnaan. Tentu saja nutrisi penunjang kehamilan yang tepat amat diperlukan sehingga ibu hamil dan janin bisa tetap sehat dan lahir normal. mengetahui nutrisi yang tepat untuk usia trimester kedua ini sangat penting.

Karena ibu hamil dan pasangan bisa mempersiapkan asupan apa saja yang mesti dikonsumsinya. Salah satu nutrisi yang diperlukan pada fase ini adalah asam folat. Asam folat memang sudah diperlukan sejak trimester pertama dan kebutuhan asupannya lebih banyak pada trimester kedua ini. selain asam folat omega 3, aneka vitamin dan kalori juga mesti didapatkan janin sejak dalam kandungan. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil di trimester kedua.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua

1. Kalori

Kalori menjadi asupan yang sangat diperlukan selama kehamilan. tubuh memerlukan kalori hingga 300 per harinya. Hal ini sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mengasup energi selama kehamilan. kalori ini bisa didapat dari gandum, roti dan berbagai makanan sumber karbohidrat lainnya. Akan tetapi sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan tambahan kalori yang justru akan mengundang lemak jahat masuk dalam tubuh.

READ  Makanan Terbaik Untuk Perkembangan Otak Janin

2. Zat besi

Pada trimester kedua ibu hamil mulai merasakan gejala anemia. Sehingga asupan zat besi sangat baik untuk menambah darah merah anda. zat besi akan merangsang pembentukan sel darah merah dan menurunkan resiko pendarahan ketika melahirkan nanti. Makanan dengan kandungan zat besi tinggi ada pada daging sapi, ayam dan kuning telur. Jika mengkonsumsi suplemen penunjang zat besi sebaiknya gunakan sesuai anjuran dari dokter anda.

3. Vitamin

Vitamin B2 berperan menyediakan energi dan protein dalam tubuh. selain itu ibu hamil juga memerlukan vitamin B12 agar kesehatan sumsum tulang belakang terjaga. Vitamin E, C dan D juga mesti terpenuhi selama kehamilan trimester dua. Vitamin E akan membuat kekebalan tubuh meningkat dan menangkal serangan bakteri serta virus. Selain itu vitamin D berperan sebagai pembentukan gigi dan tulang dan pembentukan sel darah merah juga didukung oleh asupan vitamin C. Kebanyakan jenis vitamin ini terdapat pada buah, sayur dan susu.

READ  Cara Mudah Merawat Tubuh Semasa Hamil

4. Serat

Ibu hamil memerlukan serat yang cukup untuk melancarkan sistem pencernaannya. serat inilah yang berperan melancarkan sistem pencernaan ibu hamil terutama pada trimester kedua. Pada fase ini, serat sangat diperlukan karena keluhan sembelit akan sangat terasa. serat juga baik untuk menjaga berat badan ibu hamil tetap ideal sehingga tidak terserang obesitas.

5. Omega 3

Asam lemak omega 3 banyak terdapat pada ikan tuna, kedelai dan alpukat. Nutrisi ini sangat baik sebagai zat untuk pembentukan otak, mata dan sistem saraf pusat. Pada trimester kedua ini memang pertumbuhan bagian tubuh tersebut sedang dalam tahap besar sehingga memerlukan asupan omega 3 yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga.

Demikian artikel Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua yang dapat kami rangkum. Cukupi kebutuhan nutrisi anda selama kehamilan terutama di trimester kedua ini sehingga ibu hamil tetap dalam kondisi sehat begitu pula dengan janinnya. Semoga bermanfaat.

 

Facebook Comments
Tags: ,
Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Trimester Kedua | Just Writer | 4.5