Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Mendaftar SDM PKH - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Mendaftar SDM PKH

PKHDaily.com – Kementrian Sosil (Kemensos) melakukan rekrutmen pendamping program keluarga harapan (PKH) secara besar-besaran. Dibuka sejak awal Oktober ini, rekrutmen pendamping PKH dibutuhkan sebanyak 16.092 orang.

Sebelum mendaftar, Anda sebaiknya mengetahui seluk beluk tentang pendamping PKH. Berikut seluk beluk tentang pandamping PKH yang perlu Anda ketahui agar nantinya setelah diterima menjadi SDM PKH terutamanya adalah pendamping, tidak merasa kaget sampai mengundurkan diri:

1. Jam kerja Pendamping PKH adalah Purnawaktu

Bagi Pendamping PKH tidak ada batasan ketentuan jam kerja.

Berbeda dengan kerja di kantoran yang jam kerjanya sudah ditentukan misal jam 08.00 – 17.00.

Nah, bagi pendamping bisa jadi saat pekerja lain sedang liburan, santai, mantai, ngetrip, ngadem dan lain-lain, pendamping PKH justru harus kegiatan pertemuan kelompok, mencari data, atau melakukan kunjungan Peserta PKH.

Namun bisa jadi pula yang lainn bekerja, pendamping PKH masih di rumah ngopi.

Sebab Peserta PKH yang didampingi mayoritas adalah buruh, petani, dan pedagang, maka pendamping PKH harus menyesuaikan dengan kegiatan mereka.

Beberapa pendamping ada yang melakukan PK (Pertemuan Kelompok) di hari Minggu atau di Sore Hari bahkan ada lho yang sampai menginap dirumah Peserta PKH.

Melihat perlengkapan kegiatan dari pusat yang dulu pernah diberikan kepada kami berupa jas hujan dan juga Senter sudah menggambarkan bahwa pendamping PKH harus ada jika ada tugas kelapangan hingga larut malam.

2. Tempat ngantor Pendamping adalah di PPKH kecamatan, Selebihnya di lapangan

Setelah menjadi pendamping PKH, maka Anda adalah bagian dari PPKH Kecamatan setempat.

Ikut apel di hari Senin, mengisi daftar hadir di kecamatan, berkoordinasi dengan pihak kecamatan adalah hal-hal yang harus dilakukan.

READ  Peksos Supervisor Kota Batu Mengikuti Appreciation Day PKH di Makasar

Selebihnya adalah rapat koordinasi ditingkat kabupaten/kota dan juga action ke lapangan.

3. Tugas-Tugas PKH Terkadang Harus Diselesaikan dengan Waktu yang Singkat

Sebagai contoh, antara bulan Februari-Maret 2016 yang lalu, pendamping PKH mendapat internal memo untuk mencari eks TKI yang dideportasi dari Malaysia. Sekitar jam 5 sore internal memo tersebut baru masuk email PPKH kabupaten dan data harus sudah disetorkan siang di hari setelahnya.

Ada lagi contoh lain, dulu tepatnya Pencairan tahap I 2016 ini di wilayah kami harus sudah dicairkan mulai tanggal 19 April 2016. Padahal rapat koordinasi dilaksanakan pada tanggal 14 April 2016 dan sebelum pencairan kita masih harus menulis slip atau Giro 6 waktu itu, membagi undangan, koordinasi dengan kecamatan, dan juga pihak desa. Tapi semuanya selalu terselesaikan, karena disitu profesionalitas pendamping diuji.

4. Data Peserta PKH harus selalu di cek, cek, cek, detail, detail, detail.

Data peserta PKH terkait kondisi komponen akan selalu berubah-ubah. Sebab yang didata adalah komponen kesehatan, pendidikan, dan bahkan akan ditambah dengan Disabilitas serta Lansia.

Bisa jadi ada anak dari peserta yang sebelumnya sekolah di Sekolah A lantas pindah ke sekolah B.

Ibu yang sebelumnya tidak hamil menjadi hamil, yang tadinya hamil melahirkan.

Bahkan terkadang pendamping akan menemui komponen yang awalnya Siswa Sekolah berubah menjadi Ibu Hamil.

5. Sabar, mudah berbaur, mudah beradaptasi, mau berkomunikasi

Hal yang paling penting adalah pendamping PKH harus punya kemampuan dan keberanian untuk berbicara dihadapan banyak orang.

Ini hal yang harus dan harus. Kenapa? Sebab kita diwajibkan untuk mensosialisasikan program kepada para instansi terkait baik Instansi pendidikan, kesehatan, pemerintah kecamatan, pemerintah desa/kelurahan, dan tentunya kepada para Peserta PKH.

READ  Salah Satu Kegiatan Peksos Supervisor PKH untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Pendamping PKH juga harus mudah beradaptasi dan mudah berbaur, sebab bisa jadi di lingkungan Peserta PKH yang kita dampingi memiliki budaya atau peraturan tertentu terkait sopan santun maupun tingkah laku yang harus kita patuhi.

Pendamping PKH akan bertemu dan bertamu kepada orang-orang baru yang mungkin sebelumnya belum dikenal. Ini menjadi nilai lebih bagi pendamping PKH yaitu menambah tali silaturahim dan persaudaraan.

6. Awal tahun mempunyai cerita tersendiri bagi SDM PKH

Untuk yang satu mungkin teman-teman SDM sudah pada paham maksudnya apa.

Buat teman-teman yang baru mau bergabung ditahun 2017 ini, nanti juga akan paham sendiri maksud dari no.6 ini. Loyalitas kita di PKH akan teruji.

Yang jelas hal inilah yang membuat pendamping PKH aktif di forum Facebook.

7. Akan banyak kisah-kisah dari para peserta PKH yang akan membuat semakin bisa bersyukur.

Pendamping akan banyak menemukan permasalahan sosial, kisah-kisah para peserta PKH, kondisi kehidupan yang bermacam-macam, bertemu dengan anak-anak yang kurang beruntung, keluarga yang sangat sederhana, dan lain-lain.

Tidak sedikit cerita-cerita atau kondisi-kondisi yang ditemui akan membuat hati pendamping menangis. muncul rasa iba yang tinggi, dan tentunya membuat kita semakin mudah bersyukur. Sebab kita akanmenemui banyak keluarga yang kondisinya jauh dibawah kita. Keluarga dengan cobaan yng begitu berat, tapi tetap bertahan.

8. Silahkan ditambah sendiri bagi rekan-rekan yang sudah menjadi SDM PKH

Demikian sekelumit hal-hal yang perlu kita tahu sebelum menjadi Keluarga besar SDM PKH. Jangan lupa berteman dengan FB Sosial Worker ya,

Facebook Comments

Incoming search terms:

Tags: , ,
Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Mendaftar SDM PKH | Social Writers | 4.5