Lagi dan Lagi, 1.048 Keluarga Karanganyar Graduasi Mandiri - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Lagi dan Lagi, 1.048 Keluarga Karanganyar Graduasi Mandiri

Graduasi Mandiri KPM PKH – Sebanyak 1.048 keluarga Karanganyar mengundurkan diri atau graduasi mandiri sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan non PKH.

Graduasi mandiri dilakukan, saat petugas mendatangi rumah mereka untuk memasang stiker keluarga miskin (home visit), yang menjadi tanda bahwa keluarga tersebut merupakan penerima manfaat PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar Marno mengatakan, warga yang menyatakan graduasi mandiri berasal dari 17 kecamatan.

“Mulai 12 November tahun lalu, petugas mendatangi rumah penerima manfaat PKH dan BNPT di 17 kecamatan, yang berjumlah 53 ribu keluarga. Selain memasang stiker, home visit ini juga untuk mengetahui kondisi riil dari keluarga penerima manfaat,” katanya.

READ  Berkat Pendampingan PKH, Yusnil Bisa Mulai Bangun Usaha

Hasilnya, sebanyak 1.048 keluarga memilih graduasi mandiri dan bersedia tidak menerima lagi bantuan dari pemerintah, karena mampu secara ekonomi.

“Home visit ini memang untuk memantik rasa malu, jika keluarga bersangkutan ternyata bukan keluarga miskin. Jika tak ada home visit, sikap mereka mungkin tidak berubah. Di Kecamatan Jaten, ada satu keluarga yang rumahnya cukup mewah, berlantai dua. Pemiliknya menolak rumahnya ditempeli stiker keluarga miskin,” jelasnya.

Konsekuensi dari graduasi mandiri, mereka harus melepas status sebagai keluarga tak mampu dan tak lagi menerima bantuan pemerintah.

Kepala Dinsos Karanganyar Agus Heri Bindarto mengatakan, data keluarga graduasi mandiri akan dikirim ke Kementerian Sosial, untuk ditindaklanjuti.

READ  Laporan World Bank untuk Perlindungan Sosial dan PKH

“Kalau graduasi mandiri, data sebagai penerima bantuan tentu akan dihapus. Kementerian nanti yang menindaklanjuti. Sehingga ke depan, penyaluran bantuan benar-benar tepat sasaran kepada warga yang memang membutuhkan,” katanya. (Irfan Salafudin)

Facebook Comments
Tags: , ,
Lagi dan Lagi, 1.048 Keluarga Karanganyar Graduasi Mandiri | Social Writers | 4.5