Simak Sejenak, Macam dan Pengertian Graduasi PKH - Harian Keluarga

Simak Sejenak, Macam dan Pengertian Graduasi PKH

Macam dan Pengertian Graduasi PKH – Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Peserta yang telah terdaftar, akan ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Arah kebijakan PKH saat ini, yakni guna membuat KPM PKH tergraduasi, artinya KPM PKH bisa berdaya dan tidak terus tergantu pada bantuan.

Graduasi yang dimaksud adalah terpenuhinya kriteria kepesertaan dan meningkatnya suatu kondisi sosial ekonomi, yang dibuktikan melalui kegiatan pemutakhiran data.

READ  Bansos Cair Awal Januari? Cek 5 Fakta Pasca Bu Risma Jadi Mensos!

READ  Program Unggulan Bu Menteri Sosial Tri Rismaharini

Gradusi dalam PKH sendiri terbagi menjadi dua yaitu graduasi alamiah dan graduasi sejahtera mandiri.

Graduasi alamiah adalah berakhirnya kepesertaan dikarenakan kondisi KPM PKH sudah tidak terpenuhinya kriteria kepesertaan seperti tidak memiliki pengurus kepesertaan atau tidak memiliki salah satu komponen kepesertaan.

Sedangkan, graduasi sejahtera mandiri adalah berakhirnya kepesertaan KPM PKH karena kondisi sosial ekonomi yang sudah meningkat dan sejahtera serta dikategorikan mampu sehingga sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan sosial PKH.

Indikator KPM yang sudah tidak layak mendapat bansos PKH sebagai berikut.

  1. Masuknya KPM ke klaster Desil 4 atau 4+ pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Silahkan cek di dtks.kemensos.go.id.
  2. Kemampuan daya beli anggota keluarga lebih tinggi dibandingkan dengan garis kemiskinan di setiap kabupaten/kota sesuai penetapan Badan Pusat Statistik (BPS).
  3. Anggota KPM PKH yang menjadi ASN, TNI/POLRI, aparat pemerintah kecamatan/kelurahan atau sebutan lainnya.
READ  Masih Tentang Bansos, Ini Kabar Gembira Dari Presiden Jokowi

Graduasi KPM PKH akan dilakukan oleh Pendamping Sosial. Nanitnya Pendamping Sosial akan menemukan KPM yang tidak layak di graduasi dan KPM yang layak untuk di graduasi. Bagi KPM yang tidak layak, maka mereka akan masuk pada masa transisi.

Facebook Comments
Tags: , , , ,
Simak Sejenak, Macam dan Pengertian Graduasi PKH | Social Writers | 4.5