Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil, PKHDaily.com – Makanan kaya asam folat untuk ibu hamil di bawah ini akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara menambahkan gizi yang baik untuk membantu perkembangan kehamilan .

Besi merupakan mikronutrien penting yang mempengaruhi perkembangan hematopoietik dan janin pada bayi dan anak kecil. Selain itu, selama kehamilan, permintaan zat besi wanita juga meningkat. Untuk melengkapi asupan zat besi Anda, minum asam folat sangat penting.

Makanan apa saja yang mengandung asam folat sehingga dapat membantu ibu hamil melengkapi gizi saat hamil. Berikut in adalah tipsnya.

Pentingnya zat besi dan asam folat

Besi adalah zat yang memberi nutrisi pada sel darah merah tubuh, menghasilkan hemoglobin, yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Anak-anak prasekolah (kurang dari 6 bulan) sering memiliki sejumlah besar zat besi yang tersimpan dalam tubuh dan mendapatkan cukup zat besi melalui ASI.

Pada usia 6 bulan, bayi mulai mengalami keguguran dan makan lebih sedikit, yang berarti kekurangan zat besi karena kebiasaan makan ibunya yang tidak masuk akal.

Bagi ibu dan wanita pascapersalinan, selain mengonsumsi suplemen asam folat, penggunaan makanan kaya juga baik untuk wanita, terutama di awal masa kehamilan dan saat mempersiapkan kehamilan.

Berikut lima makanan yang kaya akan asam folat yang harus dicoba:

1. Alpukat menyediakan sumber lemak dan asam folat yang sehat

Ibu tahu, setengah dari alpukat juga mengandung 90mcg folat. Selain itu, mentega mengandung serat, vitamin, zat besi, potassium dan mineral penting lainnya.

Bagi ibu: Ketika sampai pada nutrisi sebelum hamil, alpukat adalah sumber nutrisi yang hebat. Tapi tidak hanya itu, seperti salmon dan kenari, alpukat kaya akan asam lemak omega 3 (lemak sehat, bagus untuk jantung dan otak ibu).

READ  Perubahan Fisik Ibu Hamil Usia 6 Bulan

Untuk anak-anak: Alpukat tidak hanya sehat untuk anak-anak tapi juga buah dari banyak anak. Alpukat juga memiliki keuntungan besar bahwa tidak perlu memasak melalui api, satu-satunya kebutuhan untuk segera diproses tidak bisa kehilangan vitamin.

Tidak hanya itu, alpukat mudah digabungkan dengan biji-bijian, sayuran dan buah-buahan lainnya. Akibatnya, alpukat benar-benar pilihan nomor satu di menu makanan bayi berkisar antara 4 sampai 6 bulan atau lebih.

2. Tomat kaya serat, antioksidan

Satu cangkir jus tomat mengandung 48mcg asam folat. Selain itu, tomat kaya akan vitamin, serat dan antioksidan.

Bagi ibu: Jus tomat juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, terutama saat Anda mengonsumsi suplemen zat besi. Jika jus tomat bukan makanan favorit Anda, semangkuk sup tomat dianggap sebagai pengganti yang sempurna.

Untuk bayi: Tomat seharusnya merupakan makanan untuk jarak tempuh bayi Anda. Namun, saran ahli gizi, orang tua sebaiknya tidak makan tomat sebelum bayi berusia sekitar 10 bulan. Ini karena jumlah asam dalam tomat akan melemahkan perut bayi yang belum matang.

3. Roti dan sereal kaya akan asam folat

Makanan yang terbuat dari biji-bijian seperti pasta, roti, sereal sarapan kaya akan asam folat. Sepotong roti asam folat mengandung 60mcg asam folat.

Bagi ibu: Dokter menyarankan ibu untuk menggunakan suplemen asam folat, cobalah untuk makan makanan kaya folat yang sama (seperti brokoli atau sayuran berdaun hijau gelap). Jumlah asam folat yang diserap ke dalam tubuh lebih besar.

Untuk anak-anak: Jangan berpikir bahwa roti itu tidak ada apa-apa bagi Anda. Bahkan tepung putih yang diolah dengan tepung berkualitas bagus tetap menjadi pilihan ideal untuk bayi. Roti putih mengandung serat, yang membantu mencegah sembelit, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes. Selain itu, roti dapat ditambahkan ke vitamin golongan besi dan B seperti niasin, asam folat, thiamin dan riboflavin.

READ  5 Fakta Penting Tentang Stunting yang Wajib Kita Tahu

4. Kembang kol dilengkapi dengan vitamin C dan serat

Semangkuk sup brokoli mengandung hingga 104mcg asam folat (sekitar seperempat kebutuhan asam folat harian). Selain itu, brokoli kaya kalsium, vitamin C, serat dan zat besi.

Bagi ibu: Selama kehamilan, kehamilan membutuhkan lebih banyak darah daripada biasanya. Anemia berhubungan dengan kekurangan zat besi dan jika labu darah ibu akan merasa lelah, pusing, pusing, tidak baik untuk ibu dan bayi.

Karena itu, ibu perlu mengisi cukup zat besi untuk menghindari anemia. Kembang kol adalah makanan yang kaya zat besi dan asam folat yang membantu mencegah anemia defisiensi zat besi, jadi ibu gourmet seharusnya tidak mengabaikan makanan “berharga” ini.

Bagi anak-anak: Kembang kol tidak hanya kaya akan asam folat namun juga memiliki vitamin C yang sangat kaya, ini membantu tubuh menyerap kalsium dan zat besi lebih baik.

5. Asparagus membantu wanita postpartum lebih banyak susu dan suplemen asam folat untuk tubuh

Mangkuk asparagus yang dimasak memiliki sekitar 79mcg asam folat.

Bagi ibu: Wanita hamil harus mengkonsumsi asparagus biasa karena asam folat dalam asparagus sangat bagus untuk perkembangan bayi. Saat bayi lahir, asparagus juga membantu ibu memiliki sumber susu yang melimpah.

Bagi anak-anak: Tidak hanya kaya akan asam folat, asparagus mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan bayi. Ibu bisa membuat banyak hidangan lezat dari asparagus untuk ditukar makanan.

Demikian rangkuman kami tentang Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang pentingnya makanan tersebut bagi ibu yang sedang mengandung.

 

Facebook Comments
Tags: , , ,
Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil | Just Writer | 4.5