Manfaat Konsumsi Pisang Dimasa Kehamilan - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Manfaat Konsumsi Pisang Dimasa Kehamilan

Manfaat Konsumsi Pisang Dimasa KehamilanBuah pisang memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah. buah bertekstur halus ini biasanya digunakan sebagai makanan pendamping ASI. Selain bagus untuk bayi selama kehamilan juga disarankan untuk mengkonsumsi pisang karena memiliki manfaat yang besar. pisang merupakan sumber kalium dan asam folat. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk menyehatkan ibu dan janin. Kalium berperan besar sebagai pencegah cacat syaraf dan mengurangi pembengkakan selama kehamilan.

Selain itu pisang adalah sumber serat yang sangat baik. ibu hamil memerlukan serat yang lebih tinggi daripada wanita pada umumnya. Hal ini karena kondisi pencernaannya lebih rentan terserang sembelit karena pergerakan usus halusnya terganggu. Banyak manfaat alami yang bisa didapat dari pisang. Jika anda ingin sehat dan bugar selama kehamilan dan bayi lahir sehat, konsumsi pisang secara teratur yang manfaat selengkapnya akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Manfaat Konsumsi Pisang Bagi Kehamilan

Mengatasi sembelit

Pisang merupakan buah dengan kandungan serat dan nutrisi tinggi. Keduanya bermanfaat baik untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi perut kembung. Ibu hamil juga bisa meningkatkan asupan gizi bagi buah hati dengan konsumsi pisang selain mengatasi sembelit. Serat didalam pisang akan memberikan gerakan halus pembentuk tinja sehingga baik untuk meningkatkan pencernaan anda. selain itu didalam pisang terkandung serat sebanyak 6 gram yang jumlahnya sangat diperlukan ibu hamil.

READ  6 Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil

Obat diare alami

Selain sembelit, kram usus dan diare juga kerap dirasakan oleh ibu hamil. Maka mengkonsumsi pisang akan bermanfaat besar mengurangi gejala diare dan mengurangi resiko kram usus. Didalam pisang terdapat serta dan pektin yang akan membuat serat menjadi mudah larut. Hal ini akan meringankan kelebihan air dalam tubuh dengan cara mengabsorbsinya secara alami.

Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil

Selain kaya kalium, pisang juga kaya vitamin C yang termasuk dalam antioksidan. Antioksidan ini bermanfaat melawan proses penuaan dan masuknya bakteri dalam janin. Ibu hamil memang memiliki kondisi yang rentan terhadap menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga rentan penyakit. Konsumsi pisang secara teratur akan sistem imun anda dan janin terjaga hingga proses kelahiran.

READ  4 Makanan Yang Harus Anda Dapatkan di Sarapan Pagi Saat Hamil

Mengurangi pembengkakan

Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini sangat bermanfaat mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Pembengkakan pada kaki, tangan selama kehamilan memang dikarenakan kekurangan kalium. Maka untuk mengurangi pembengkakan secara alami, konsumsi pisang secara teratur untuk meningkatkan resiko preeklamasia selama kehamilan.

Penyeimbang darah

Selama kehamilan terjadi fluktuasi pada tekanan darah anda. tentu saja diet akan menstabilkan tekanan darah selama kehamilan dan salah satunya dengan buah pisang. Kalium didalam pisang bermanfaat menjaga tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini akan bermanfaat mengurangi kram dan nyeri kaki selama kehamilan karena tekanan darah yang tidak stabil.

Manfaat buah pisang bagi tubuh sangat besar, jadi jangan lupa untuk menyertakan buah pisang sebagai buah yang mesti dikonsumsi selama kehamilan.

Facebook Comments
Tags: , ,
Manfaat Konsumsi Pisang Dimasa Kehamilan | Just Writer | 4.5