Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Manfaat Renang Bagi Ibu HamilRenang merupakan olahraga yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. termasuk untuk ibu hamil. Banyak yang menganggap renang adalah kegiatan berbahaya bagi kehamilan. padahal berenang sangat besar manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga tubuh tidak terkena obesitas meskipun sedang mengandung. Tentu saja banyak sekali manfaat renang yang didapat oleh ibu hamil. Olahraga ini juga cocok sebagai alternatif yang menyenangkan bagi ibu hamil sekaligus bermanfaat besar.

Yang perlu diperhatikan adalah gerakan renang yang lebih santai serta pemanasan yang dilakukan sebelum berenang. Jika anda ingin mendapatkan tubuh yang tetap bugar selama kehamilan maka renang adalah olahraga yang tepat untuk dilakukan. salah satu manfaatnya adalah menjaga daya tahan tubuh dan menghindarkan ibu hamil dari resiko stress. Apa saja manfaat lainnya dari renang bagi ibu hamil. Berikut ini ulasan selengkapnya yang bisa anda ketahui.

Berbagai Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

Mencegah mual

Manfaat renang yang satu ini sangat baik untuk mencegah mual selama kehamilan. renang akan membangkitkan mood anda selama kehamilan dan mengalihkan pikiran dari mual atau morning sickness. Namun demikian sebaiknya jangan memaksakan diri jika bau kaporit membuat anda mual dan menyakitkan mata. Jika memungkinkan sebaiknya berenang di kolam air asin namun bukan di laut karena akan menyebabkan penyakit dari bakteri air laut yang masuk dalam tubuh.

READ  Konsumsi Makanan Penunjang Hamil Bayi Perempuan

Melemeskan ketegangan otot punggung

Renang akan mengalirkan ketegangan otot punggung sehingga beban menjadi sedikit terkurangi. Jika rutin berenang akan menjadikan otot lebih kuat. Hal ini karena renang akan melibatkan otot bergerak dalam kelompok besar mulai lengan hingga kaki. Hal ini yang menyebabkan ketegangan otot punggung juga berkurang. Ketegangan otot punggung ini terjadi karena tulang belakang dan bahu bergerak maju sehingga panggul keluar dari posisi ideal.

Membakar kalori tubuh

Ibu hamil sangat rentan terkena obesitas. Obesitas inilah yang akan menyebabkan sulitnya melahirkan nanti karena kandungan lemaknya yang tinggi. Olahraga seperti renang sangat baik menjaga berat badan tetap stabil walaupun mengalami peningkatan. Selain itu dengan berenang, kalori dalam tubuh bisa terbakar dan tubuh anda tetap bugar. Berenang juga akan membuat daya tahan tubuh meningkat karena sistem metabolisme tubuh menjadi lebih stabil.

READ  Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Mengatasi stress

Stress pada ibu hamil jangan dijadikan masalah sepele sehingga tidak ditangani secepatnya. Salah satu cara mengatasinya dengan berenang. Renang akan membuat ibu hamil lebih bahagia karena akan menghasilkan hormon oksitosin. Selain itu karena badan lebih bugar menyebabkan pikiran lebih rileks. Stress pada kehamilan akan beresiko keguguran dan berenang ini sangat bermanfaat besar mencegah resiko tersebut sekaligus meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak.

Demikian beberapa Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil. agar berenang tetap aman untuk ibu hamil sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dulu dan lakukan dengan gerakan santai. Semoga bermanfaat.

 

Facebook Comments
Tags: , , ,
Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil | Just Writer | 4.5