Mantan KPM PKH Ini Kini Raup Jutaan Rupiah Saban Hari - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Mantan KPM PKH Ini Kini Raup Jutaan Rupiah Saban Hari

PKHDaily.com – Sainah sempat tercatat sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan sangat miskin. Namun berkat kegigihan, pedagang bakso tusuk asal Dusun Miri, Kebonagung, Imogiri, Bantul ini bisa mengubah kehidupan hingga 180 derajat. Dia bisa mandiri dan bermanfaat bagi orang banyak. Berikut laporan wartawan Harian Jogja David Kurniawan.

Sainah, ibu tiga anak, pernah merasakan sukarnya mencari uang. Awal 2008, di tengah-tengah kewajiban merawat buah hati, ia dan suaminya harus banting tulang.

Namun, hasil berjualan tempura ditambah pengahasilan suami sebagai buruh bangunan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Dulu satu pekan bisa dapat Rp100.000 sudah beruntung,” kata Sainah kepada Harian Jogja, Senin (25/6/2018).

READ  Putri KPM PKH ini Raih Juara Pertama Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) 2019

Saking sulitnya mendapatkan uang, Sainah masuk dalam keluarga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial pada 2009 lalu. Proses mendapatkan bantuan tidak mudah karena ia harus berusaha sendiri mengumpulkan beras untuk kemudian diverifikasi oleh petugas PKH di kecamatan. “Kalau sekarang enak, tinggal ditunjuk dari Pemerintah Pusat bisa langsung dapat. Dulu, calon penerima harus membuat permohonan dan melengkapi berkas sendiri-sendiri,” kata dia.

Ide mengajukan bantuan ke pemerintah muncul saat ia bejualan tempura keliling dan melihat perkumpulan anggota PKH yang rutin digelar setiap sebulan sekali. Sainah pun memberanikan diri bertanya apakah bisa mendapatkan bantuan tersebut. “Pendamping bilang bisa, tetapi saya harus memenuhi beberapa persyaratan seperti memiliki anak usia sekolah dan berasal dari keluarga kurang mampu,” kata dia.

READ  Ekonom, Penambahan PKH Bisa Perlebar Defisit Anggaran

Sekitar satu bulan setelah mengumpulkan berkas, Sainah mendapatkan kabar gembira. Permohonan yang diajukan diterima sehingga dia berhak mendapatkan bantuan PKH. “Saya ingat dulu untuk dua anak, dana PKH yang diberikan Rp500.000 dan bantuan berhenti sejak 2014 lalu setelah saya sukses berjualan bakso tusuk. Saya putuskan tidak menerima bantuan agar bisa dialokasikan ke keluarga yang lain,” katanya.

Facebook Comments
Tags: , ,
Mantan KPM PKH Ini Kini Raup Jutaan Rupiah Saban Hari | Social Writers | 4.5