Teruskan Tradisi Menteri Sosial, Mensos Agus Blusukan Kerumah KPM - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Teruskan Tradisi Menteri Sosial, Mensos Agus Blusukan Kerumah KPM

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, PKHDaily.com – Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi Kota Batam, Kepulauan Riau untuk memantau pelaksanaan pencairan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ke-3 dan Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) tahap ke-8.

Mensos mengatakan, realisasi bantuan sosial PKH telah mencapai di atas 98% pada tahap I dan II dan telah berkontribusi dalam penurunan angka kemiskinan.

Badan Pusat statistik (BPS) telah merilis data tentang penurunan angka kemiskinan di Indonesia sebesar 630 ribu orang menjadi 25,95 juta orang atau 9,82% per Maret 2018 dibandingkan per September 2017 (26,58 juta orang atau 10,12%).

READ  Inilah Tuntutan Pria Pemanjat Tiang Lampu Stadion UI Kepada Mensos

“Capaian ini menurut BPS disebabkan antara lain bantuan sosial meningkat 87,6 persen. Di Kementerian Sosial, terdapat bansos nontunai PKH, BPNT/Beras Sejahtera (Rastra). Untuk itu pada pencairan tahap ketiga ini saya minta semua pihak terkait bersama-sama menuntaskan pada Agustus,” tutur Mensos dalam acara penyaluran bansos yang berlangsung di Kantor Wali Kota Batam, Selasa 28 Agustus 2018, (dikutip dari sindownews.com

Kegiatan ini dihadiri Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung, Forkopimda Kota Batam, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau Doli Boniara, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam Hasyimah, pimpinan Bank BRI Taufik dan Anis Abdul Hakim, serta pimpinan Bulog.

Di hadapan 350 KPM PKH yang berasal dari Kecamatan Bengkong, Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Batam Kota, Mensos memberikan kesempatan kepada penerima manfaat menyampaikan kendala, saran atau masukan terkait pelaksanaan program.

READ  Sekilas Sabun PKH Pesanan Jokowi Senilai Rp2 Miliar

Saat itu para ibu menyampaikan bahwa bansos PKH tahap ketiga sudah masuk ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di BRI pada awal Bulan Agustus.

Mensos kemudian memberikan motivasi kepada ibu-ibu KPM dengan cara memberi makna dari bait-bait lagu Mars PKH yang dinyanyikan bersama-sama dengan penuh semangat di awal kegiatan.

“Intinya semangat dari PKH adalah kita bangun Indonesia jaya. Ibu-ibu siap menjadi bagian dari Indonesia jaya? Bagaimana caranya? Dalam lagu Mars PKH caranya adalah satukan langkah menyongsong masa depan. Berbekal niat dan kebersamaan,” katanya.

READ  Menteri Sosial Terima Penghargaan Golden Award SIWO

Kebersamaan ini, kata dia, bukan hanya antara ibu-ibu namun juga kebersamaan ibu-ibu dengan para Pendamping PKH, kebersamaan pemerintah dengan pendamping PKH juga penting. Dengan kebersamaan apa pun tantangannya pasti bisa diatasi.

“Mari sadari bangsa ini besar. Potensinya luar biasa. Bagaimana cara menjadi bangsa yang besar? Bangsa ini harus dibangun oleh orang-orang tegar seperti ibu-ibu. Jangan putus asa. Terus semangat. Sesulit apapun tersenyum. Karena rasa ceria dan gembira menimbulkan optimisme,” tuturnya.

Selanjutnya Mensos berharap bansos PKH dan BPNT dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dia juga berharap kelak ketika kembali ke Kota Batam akan lebih banyak ibu-Ibu yang telah mandiri atau graduasi dari PKH dan BPNT.

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1334258/15/mensos-blusukan-ke-kampung-nelayan-dan-jelaskan-arti-mars-pkh-1535613966

Facebook Comments
Tags: , , ,
Teruskan Tradisi Menteri Sosial, Mensos Agus Blusukan Kerumah KPM | Social Writers | 4.5