Mensos Idrus Marham : Pendamping PKH, Sentuhlah Hati Mereka - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Mensos Idrus Marham : Pendamping PKH, Sentuhlah Hati Mereka

PKHDaily.com, Mensos Idrus Marham – Bapak Idrus Marham selaku Menteri Sosial memotivasi Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) agar dapat membantu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) keluar dari kepesertaan PKH.

“Kesuksesan PKH ada di tangan Saudara semua. Hakekat Pendamping PKH adalah pejuang kemanusiaan dan Saudara adalah mitra kerja Kementerian Sosial yang sangat penting. Kita harus bekerja bersama-sama agar penerima manfaat sejahtera sehingga kelak bisa keluar dari kepersertaan PKH,” harap Mensos Idrus dihadapan 415 Pembimbing PKH di Regional Yogyakarta, Rabu (30/5/2018).

Idrus juga menekankan bahwa agar Pendamping PKH tidak hanya sekadar menjalankan tugas rutinnya. Harus ada target yang dicapai yakni mendorong kemandirian dan bagaimana uang bansos PKH dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Mendampingi KPM hingga mengantar mereka menjadi sejahtera mandiri tak bergantung pada bansos itu sebuah proses yang sangat panjang dan penuh tantangan. Maka diperlukan kematangan emosional, kematangan intelektualitas dan luruskan niat bahwa yang kita lakukan adalah dalam rangka perjuangan kemanusiaan,” tutur Mensos.

READ  Keluarga Penerima Manfaat Ikuti Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

Seorang Pendamping PKH, lanjutnya juga harus siap menghadapi berbagai masalah yang mungkin timbul dari program. Maka penting untuk menguasai diri dengan baik dan bersikap sabar.

“Sentuhlah hati mereka (KPM PKH) sehingga perlahan Saudara dapat masuk ke dalam keluarga ini. Lalu masuk ke dalam alam pikiran mereka tentang tujuan PKH. Dengan penerimaan yang tulus, maka Penamping PKH lebih leluasa menyampaikan arahan,” katanya.

Senada dengan Mensos, Sainah (KPM Sejahtera Mandiri) dalam testimoninya tentang PKH mengaku sangat terbantu dengan bimbingan Pendamping PKH.

“Saya lulus karena bimbingan mereka. Saya berharap para Pendamping PKH jangan menyerah meski tugasnya berat. Bahkan harus naik turun gunung. Semoga pengorbanan mereka kelak bisa menuntaskan kemiskinan para penerima PKH,” kata Sainah.

READ  Cermat meminjam dan menabung melalui Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga

Sementara itu selain meresmikan dan membuka Bimbingan Pemantapan SDM PKH di Yogyakarta, Mensos Idrus Marham sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Temanggung, Jawa Tengah untuk menyerahkan bansos PKH tahap II kepada 500 KPM dari Kecamatan Temanggung yang berasal dari Desa Banyuurip, Desa Butuh, Desa Jampirejo, Desa Jampiroso, Desa Kertosari, Desa Kowangan, Desa Madureso, Desa Mudal, Desa Walitelon Selatan dan Desa Mungseng.

Bantuan sosial yang diserahkan dari Kementerian Sosial RI untuk Kabupaten Temanggung Tahun 2018 sebesar Rp128,790,190,000. Penyaluran PKH di Kabupaten Temanggung Tahun 2018 akan dilaksanakan secara non tunai melalui Lembaga Bayar Bank Rakyat Indonesia (BRI).

PKH di Provinsi Jawa Tengah mulai dilaksanakan sejak Tahun 2011 dan Kabupaten Temanggung mulai berpartisipasi Tahun 2012 Jumlah penerima manfaat PKH di Kabupaten Temanggung sampai Tahun 2018 sebanyak 33.375 KPM.

Sumber

Facebook Comments
Tags: ,
Mensos Idrus Marham : Pendamping PKH, Sentuhlah Hati Mereka | Social Writers | 4.5