Monitoring dan Supervisi Family Development Session - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Monitoring dan Supervisi Family Development Session

Monitoring dan Supervisi Family Development Session




www.pkhkotabatu.com. Monitoring dan Supervisi Family Development Session dilaksanakan di rumah bu Astupah Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Keluarga penerima manfaat hadir sebanyak tiga belas memenuhi ruangan tamu. Kelompok dampingan pendamping sosial Mei Program Keluarga Harapan beberapa lansia.


Monitoring dan supervisi pelaksanaan pertemuan rutin sebulan sekali dimulai jam 15.00 – 16.30 wib, nampak keluarga penerima manfaat semangat mengikuti materi sesi pengelolaan keuangan keluarga.

Materi pengelolaan keuangan keluarga diantaranya memahamkan kebutuhan, keinginan, menghitung pendapatan dan merinci pengeluaran.


Tujuan pemberian materi tersebut keluarga penerima manfaat memahami mengelola keuangan dengan baik, menghindari keinginan berlebihan sehingga jatuh ke hutang bukan untuk pemenuhan kebutuhan produktif.


Penggunaan flipchart dalam penyampaian pertemuan peningkatan kemampuan keluarga juga membantu dalam penyampaian kepada keluarga penerima manfaat.

Partisipasi keluarga penerima manfaat dalam pertemuan sebulan sekali juga cukup aktif sehingga kegiatan berjalan lebih efektif, mengetahui dan memastikan mereka dengan praktikmenghitung pendapatan dan pengeluaran.

READ  Ini Pesan-pesan Pak Jokowi Saat Pembagian KIP dan PKH

Pendamping sosial Kecamatan Bumiaji Mei menyampaian materi dengan cukup baik, hal ini bisa dilihat interaksi dengan keluarga penerima manfaat cukup aktif.

Source: PKH Kota Batu

Facebook Comments
Tags:
Monitoring dan Supervisi Family Development Session | Moch Ferry Dwi Cahyono | 4.5