Pemkab Sleman Bentuk KLG Untuk Tekan Kemiskinan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Pemkab Sleman Bentuk KLG Untuk Tekan Kemiskinan

Pemkab Sleman Bentuk KLG Untuk Tekan Kemiskinan – Data Kemiskinan di Kabupaten Sleman hingga saat ini masih berada di level 8,77 persen. Tahun 2020 mendatang angka tersebut ditargetkan akan berkurang menjadi 8 persen.

Untuk mencapai sasaran itu, salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Sleman adalah membentuk Kelompok Lintas Generasi (KLG). Tahun ini, program pendampingan KLG dilaksanakan di lima desa di Kecamatan Seyegan meliputi Desa Margoagung, Margodadi, Margokaton, Margoluwih, dan Margomulyo.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menjelaskan, program ini sudah dimulai sejak bulan Maret lalu. Pada tahun 2018, KLG telah terlebih dahulu dibentuk di Kecamatan Sleman yang meliputi Desa Triharjo, Tridadi, Trimulyo, Caturharjo, dan Pandowoharjo.

READ  Berikut Pujian Bos IMF Terkait Kemiskinan di Indonesia

“Menurunkan angka kemiskinan bukan pekerjaan yang mudah. Maka ini harus dikeroyok bareng-bareng agar bisa terealisasi,” kata Muslimatun.

Strategi yang dicetuskan salah satunya melalui pemberdayaan lansia. Hal ini lantaran lansia yang tidak diberdayakan dan diberi perhatian khusus, berpeluang menyumbang angka kemiskinan. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan semacam workshop agar masyarakat paham hal-hal yang dapat dilakukan untuk memberdayakan lansia di daerahnya masing-masing.

Lansia itu minimal bisa mencukupi dirinya sendiri, syukur kalau bisa memberi. Dan yang terpenting para lansia tidak meminta-minta,” tandas Muslimatun.

Sebelumnya telah digelar workshop oleh Dinas Sosial Sleman bekerjasama dengan Yakkum Emergency Unit (YEU), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Ketua YEU, Sari Mutiati Nur memandang kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk membangun sinergi bersama pemerintah dalam upaya penurunan angka kemiskinan. Dia juga sepakat bahwa penanganan kemiskinan harus dilakukan bersama-sama.

READ  Kawal Penyaluran Bansos, Polres Tebingtinggi Lakukan Monitoring

Kita juga harus membagi kontribusi dan peran masing-masing pihak,” ujarnya.

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/183237/tekan-kemiskinan-pemkab-sleman-bentuk-klg

Facebook Comments
Tags: , ,
Pemkab Sleman Bentuk KLG Untuk Tekan Kemiskinan | Social Writers | 4.5