Pengertian Dan Penerima Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Pengertian Dan Penerima Program Keluarga Harapan

Pengertian Dan Penerima Program Keluarga Harapan – Kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai Pengertian Program Keluarga Harapan (PKH) serta seperti apa Kriteria Penerima Program Keluarga Harapan menurut peraturan yang paling terbaru.

Pengertian

Program Keluarga Harapan adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat PKH yang selanjutnya disebut KPM PKH. Masing-masing KPM PKH yang sudah ditetapkan sebagai Peserta PKH diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Program Keluarga Harapan dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban KPM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

READ  Mensos Menilai Realisasi PKH di Jatim Berjalan Bagus

Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu melahirkan.

Di dalam artikel lain menjelaskan bahwa Pengertian Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada KPM PKH yang sudah memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan PKH. Kriteria penerima Program Keluarga Harapan adalah keluarga miskin yang memenuhi minimal salah satu syarat berikut:

Kriteria Penerima Program Keluarga Harapan

A. Kriteria komponen kesehatan meliputi:

1) ibu hamil/menyusui.

2) anak berusia 0 (nol) sampai dengan 5 (lima) tahun 11 (sebelas) bulan.

READ  Distribusi Media Sosialisasi Program Keluarga Harapan (Bagian 28)

B. Kriteria komponen pendidikan meliputi:

1) anak SD/MI atau sederajat.

2) anak SMP/MTs atau sederajat.

3) anak SMA/MA atau sederajat.

4) anak usia 6 (enam) sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 (dua belas) tahun.

C. Kriteria komponen kesejahteraan sosial meliputi:

1) lanjut usia diutamakan mulai dari 70 (tujuh puluh tahun).

2) penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

Dari penjelasan diatas tentunya kita sudah bisa memahami Pengertian Program Keluarga Harapan (PKH) serta siapa saja yang menjadi Penerima Program Keluarga Harapan menurut peraturan terbaru yang berlaku.

Facebook Comments

Incoming search terms:

Tags:
Pengertian Dan Penerima Program Keluarga Harapan | Social Writers | 4.5