Mengurangi Penggunaan Plastik Bantuan Pangan Non Tunai - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Mengurangi Penggunaan Plastik Bantuan Pangan Non Tunai

PKHDaily.com – Kelompok penerima manfaat Program Kelurga Harapan (PKH) Desa Ranuyoso membuat kerajinan besek bambu. Para ibu-ibu tersebut ingin ikut mengurangi penggunaan bungkus plastik, karena menimbulkan pencemaran lingkungan.

Jauhari, pendamping PKH Desa Ranuyoso menyatakan, ada lima anggota PKH Desa Ranuyoso yang membuat besek bambu. Sumber daya alam di Ranuyoso sangat banyak bambu, sehingga dimanfaatkan untuk menjadi sumber pendapatan para ibu-ibu.

“Ini baru ada 5 anggota yang bergabung membuat kerajinan besek bambu,” ujar Jauhari dilansir dari Lumajangsatu.com, Senin (12/08/2019).

Kelompok penerima manfaat Program Kelurga Harapan (PKH) Desa Ranuyoso membuat kerajinan besek bambu

Kelompok penerima manfaat Program Kelurga Harapan (PKH) Desa Ranuyoso membuat kerajinan besek bambu

Pesanan yang terbanyak pemesanan besek saat hari raya Idul Adha dari panitia qurban. Sebab, ada hibauan dari pemerintah agar distribus daging qurban tidak menggunakan kantong plastik.

READ  Headline News Program Keluarga Harapan Edisi 28 Maret 2019 (Sesion 1)

“Kemarin yang paling banyak pesanan dari panitia qurban untuk dijadikan wadah daging qurban,” jelasnya.

Karena produksinya masih sedikit, maka banyak pesanan yang harus ditolak. Para pengrajin akan bekerjasama dengan UMKM agar prodaknya menggunkan besek bambu dan tidak lagi menggunakan bungkus plastik.

Facebook Comments
Tags: , , ,
Mengurangi Penggunaan Plastik Bantuan Pangan Non Tunai | Social Writers | 4.5