Perilaku Penerima PKH dan Soliditas dalam Penanggulangan Kemiskinan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Perilaku Penerima PKH dan Soliditas dalam Penanggulangan Kemiskinan

Soliditas dalam Penanggulangan Kemiskinan – Riset independen terhadap Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) yang menyasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diseluruh Indonesia, yang menunjukkan soliditas dalam hal percepatan penanggulangan kemiskinan.

Hal ini dapat dilihat dari tingkat kepuasan 93,2% yang diungkapkan KPM PKH terhadap pelaksanaan program tersebut dan dampak positif yang dapat dinikmati KPM.

Hasil riset operasional dan dampak PKH pada penerima menunjukan telah terjadinya perubahan perilaku positif pada penerima PKH terkait kesehatan, pendidikan dan akses layanan keuangan melalui lembaga keuangan resmi.

Riset independen telah dilaksanakan sejak awal tahun 2019 oleh Microsave Consulting, dengan koordinasi dari mitra kerja The Foundation, Inke Maris & Associates.

READ  Kartu Harapan Keluarga Sejahtera BPNT, Seperti Apa Sih?

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, tingkat kepuasan KPM PKH menunjukkan korelasi yang positif dengan manfaat penggunaan dana bansos PKH dari KPM tersebut.

Hal ini merefleksikan program bansos PKH yang menyasar KPM tersebut diterima dengan baik dan penggunaannya sesuai sebagaimana ketentuan yang disyaratkan pemerintah.

“Sebanyak 86 persen KPM mengetahui bahwa bansos ini merupakan program prioritas pemerintah pusat. Mereka juga dapat menjelaskan dengan baik pemanfaatan bantuan sosial sebagaimana yang disyaratkan pemerintah,” ujar Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis

Sumber: http://www.tribunnews.com/nasional/2019/05/03/perubahan-perilaku-penerima-pkh-dan-soliditas-dalam-penanggulangan-kemiskinan

Facebook Comments
Tags: , , , ,
Perilaku Penerima PKH dan Soliditas dalam Penanggulangan Kemiskinan | Social Writers | 4.5