Ngaku Keluarga Miskin,? Berikut Pidana Berdasarkan UU No 13/2011 - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Ngaku Keluarga Miskin,? Berikut Pidana Berdasarkan UU No 13/2011

PKHDaily.com – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengingatkan kepada warga agar tidak memalsukan identitas atau kondisi hanya karena ingin mendapatkan bantuan warga miskin dari pemerintah. Sebab selain pertanggungjawaban di akhirat, apabila terbukti memalsukan data miskin, maka akan bisa diancam pidana penjara.

Hal itu diungkapkan saat sosialisasi pemasangan stiker Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Pendapa Rumdin Bupati tadi pagi.

Ia mengatakan di bawah stiker miskin yang ditempel di semua rumah warga penerima bantuan, ada peringatan berdasarkan aturan hukum.

Saya tidak ingin mendoakan kena azab. Tapi sesuai hukum, barang siapa dan sengaja memalsukan Basis Data Terpadu (BDT) akan diancam pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda Rp 50 juta. Itu berdasarkan UU No 13/2011. Kita ini bicara dalam ranah hukum. Urusan Gusti Allah itu pribadi masing-masing, paparnya.

READ  Monitoring dan supervisi pertemuan peningkatan kemampuan keluarga
Download UU 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin

Bupati kemudian menguraikan untuk Sragen, kuota BDT atau jumlah warga miskin tercatat sebanyak 237.000. Menurutnya data itu harus diverifikasi empat kali dalam setahun.

Verifikasi digelar bulan Januari, April, Juli, dan Oktober untuk memastikan data valid.

Ia meminta kehadiran tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Kades diharapkan bisa turut membantu proses verifikasi data di lingkungan masing-masing.

Kita nggak mungkin bisa sendiri. Ada teman PKH yang bisa verifikasi. Yang kemarin masuk BDT, tapi sudah meninggal harus dicoret. Apakah bantuannya mau dibawa ke kuburan, apa ditunjukkan ke malaikat kan nggak mungkin, kata dia.

Selengkapnya …>>>>>

Sumber: https://joglosemarnews.com/2019/11/awas-ngaku-ngaku-miskin-bisa-dipidana-2-tahun-penjara-bupati-sragen-tegaskan-yang-punya-motor-harus-dikeluarkan-dari-data-kk-miskin/

Sumber Foto: Wardoyo

Facebook Comments

Incoming search terms:

READ  Pendamping Sosial Mendistribusikan Media Sosialisasi PKH
Tags: , ,
Ngaku Keluarga Miskin,? Berikut Pidana Berdasarkan UU No 13/2011 | Social Writers | 4.5