PIP Salah Sasaran, Data Dianggap Berasal Dari PKH - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

PIP Salah Sasaran, Data Dianggap Berasal Dari PKH

PKHDaily.com – Penyaluran Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP), seringkali menimbulkan masalah. Hal ini disebabkan adanya kenyataan bahwa data salah sasaran yang dianggap sebuah diskriminasi penerima.

Masalah ini menambah panjang sisi negatif PIP yang mana selain salah sasaran, muncul pula pemberitaan tentang adanya pemotongan dana dari Program tersebut.

Dibeberapa sekolah, muncul protes dari para warga miskin yang tidak dapat tercover dalam program tersebut. Mereka yang mestinya menerima manfaat program tersebut pada kenyataannya harus gigit jari. Pasalnya, tidak sedikit siswa dari golongan berada malah dapat uang dari program siswa miskin tersebut.

Menanggapi hal ini, bagaimana penjelasan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima H. Alwi Yasin soal sumber data siswa yang mendapatkan dana KIP tersebut?

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin

H. Alwi Yasin memaparkan, data siswa penerima dana KIP itu bukan bersumber dari sekolah, tapi data hasil survei dan pendataan dari Dinas Sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan BPS.

READ  Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Diikuti Keluarga Penerima Manfaat

“Yang tahu miskin dan kayanya siswa bukan sekolah, Dinas Dikbud juga tidak berhak menentukan siswa miskin dan kaya. Yang tahu itu semua, PKH dan BPS,” sebutnya, beberapa hari lalu.

Dijelaskannya, data penerima manfaat KIP itu sesungguhnya dari masyarakat. Sementara yang memiliki masyarakat itu kelurahan. Kemudian yang berkoordinasi dengan Kelurahan untuk memperoleh data itu yakni PKH dan BPS.

“Itu sudah dibahas secara nasional, saat rembuk nasional beberapa hari kemarin. PKH dan BPS yang punya data itu, bukan sekolah apalagi Dinas Dikbud,” tegasnya.

Karena hasil pendataan PKH dan BPS banyak yang salah sasaran, maka pada tahun 2017 akan dilakukan pendataan ulang dan dituntaskan. Pada tahun ini, pengusulan dilakukan oleh sekolah, kemudian sekolah yang verifikasi.

READ  1.705 Keluarga Penerima Manfaat PKH Tinggalkan Zona Miskin

“Nanti datanya berbasis sekolah, biar tidak ada kesalahan. Ini sudah disepakati saat pembahasan ditingkat nasional beberapa hari kemarin,” katanya.

Sumber

Facebook Comments
Tags: , ,
PIP Salah Sasaran, Data Dianggap Berasal Dari PKH | Social Writers | 4.5