PKH Expo Kabupaten Aceh Barat Daya - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

PKH Expo Kabupaten Aceh Barat Daya

PKHDaily.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Sosial akan melaksanakan Program Keluarga Harapan (PKH) Expo pada 23 Februari 2020 di halaman Kantor Camat Babahrot. Acara tersebut dijadwalkan berlangsung selama sehari penuh dan diikuti oleh 1.083 penerima bantuan sosial PKH di Kecamatan Babahrot.

Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah mengatakan, PKH Expo tersebut merupakan inisiatif dari rekan-rekan SDM PKH Abdya, khususnya di Kecamatan Babahrot.

“Alasan kita melaksanakan kegiatan PKH Expo ini di Kecamatan Babahrot karena di kecamatan itu paling besar jumlah penerima PKH mencapai 1.083 kepala keluarga (KK) dibandingkan di kecamatan lain di Abdya,” ungkap Ikhwansyah, Minggu (16/2/2020).

Selain itu katanya, kesiapan para pendamping PKH Babahrot sebagai tuan rumah juga menjadi pertimbangan kegiatan tersebut dilaksanakan di Babahrot.

“Kegiatan ini murni inisiatif dari teman-teman PKH, dan kita sangat berharap sekali nantinya Bapak Bupati untuk dapat hadir dan membuka acara secara resmi, termasuk ada beberapa undangan yang sebagian sudah kita sebarkan seperti dinas terkait, geucik sekecamatan Babahrot, LSM, pihak swasta, para koordinator PKH kabupaten tetangga, Korwil Aceh 1, Dinas Sosial Aceh, juga pihak Kementerian Sosial RI turut kita undang,” jelasnya.

READ  Laporan World Bank untuk Perlindungan Sosial dan PKH

Sementara itu, Koordinator PKH Abdya, Indra Pratama menyebutkan, pelaksanaan expo PKH ini awalnya bersumber dari swadaya para pendamping PKH. Kemudian mereka membentuk kepanitiaan yang ikut melibatkan sejumlah mahasiswa untuk kesuksesan kegiatan tersebut.

“Awalnya kita sempat merasa pesimis dengan kegiatan ini, apalagi mengingat waktu yang cukup singkat dengan segala aktivitas rutin yang harus diselesaikan secara bersamaan. Itu membutuhkan koordinasi yang intens dan tidak sedikit waktu yang harus diluangkan, belum lagi dengan jumlah kebutuhan anggaran yang lumayan besar,” terangnya.

Namun tambah Indra, dirinya tidak menafikan atas bantuan serta kerja sama semua pihak, baik pemerintah daerah maupun stakeholder lainnya yang sudah terlibat dalam menyukseskan dan memfasilitasi kegiatan PKH expo yang akan berlangsung di Kecamatan Babahrot.

Ketua panitia pelaksana PKH Expo, Masrizal menuturkan, tujuan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk melihat kreativitas para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH se-Kecamatan Babahrot. Apalagi sejauh ini kegiatan itu belum pernah dilakukan.

READ  Lagi dan Lagi, 1.048 Keluarga Karanganyar Graduasi Mandiri

“Event ini baru pertama kalinya kita adakan, mungkin pertama kalinya di tingkat Provinsi Aceh,” katanya.

Ia menjelaskan, PKH merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, selain dalam mengurangi angka kemiskinan di daerah, juga para penerima PKH diharapkan mampu meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan di layanan fasilitas pemerintah, sehingga dampak dari PKH tidak ada lagi keluarga penerima manfaat yang mengalami stunting maupun gizi buruk.

Dalam PKH Expo tersebut sambungnya, pendamping PKH Abdya akan melaksanakan berbagai lomba antar KPM, bazar kreativitas, lomba bayi sehat bagi anak KPM, pemeriksaan kesehatan gratis, dan penampilan sanggar seni rapai geleng anak-anak keluarga penerima PKH.

“Selain itu kita juga mempersiapkan penghargaan baik dari KPM yang graduasi mandiri atau keluar secara sukarela dari KPM PKH juga mitra PKH yang selama ini sudah ikut mendukung kegiatan PKH di Kecamatan Babahrot,” ujarnya.

Sumber: https://www.acehtrend.com/2020/02/16/minggu-depan-ada-pkh-expo-di-abdya/

Facebook Comments
Tags: , ,
PKH Expo Kabupaten Aceh Barat Daya | Social Writers | 4.5