Kemiskinan Turun, Tapi Rentan Miskin Masih Banyak - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Kemiskinan Turun, Tapi Rentan Miskin Masih Banyak

PKHDaily.com – Faisal Basri memberikan pengakuan bahwa saat ini angka kemiskinan di Indonesia mulai menurun. Namun, yang masih perlu menjadi perhatian adalah masyarakat yang rentan miskin masih stagnan dan tidak mengalami penurunan.

Pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini mengatakan, data terakhir dari Bank Dunia (World Bank) menunjukkan bahwa masyarakat sangat miskin (extreme poor) dan masyarakat miskin (moderate poor) mengalami penurunan. Namun, masyarakat yang rentan miskin (vulnarable) justru tidak mengalami penurunan.

“Jadi ada extreme poor, moderate poor dan vulnarable, dan ada secure group, dan ada middle class. Extreme poor, moderate dan vulnarable itu jumlahnya 70%. Jadi betul jumlah masyarakat miskin turun, tapi yang vulnarable tidak turun. Jadi dia tidak miskin tapi rentan,” katanya di The Hermitage, Jakarta, Senin (16/10/2017) seperti yang kami kutip dari Sindonews.com

Menurut pendapat beliau, untuk mengatasi hal tersebut solusinya bukanlah pembangunan infrastruktur seperti jalan tol yang dibangun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, infrastruktur di pedesaan yang bisa meningkatkan produktivitas petani.

READ  Inilah Ancaman Untuk Kades yang Tidak Peduli Warga Miskin

“Jadi itu (masyarakat rentan miskin) solusinya bukan jalan tol, infrastruktur yang dibangun Jokowi. Tapi infrastruktur di desa, bagaimana meningkatkan produktivitas tani, mengurangkan ongkos angkut produk pertanian. Jadi infrastruktur desa, pembangunan masyarakat desa. Membangun dari pinggiran tapi yang dibangun jalan tol,” tandasnya.

Sumber : Sindonews

Facebook Comments
Tags: , ,
Kemiskinan Turun, Tapi Rentan Miskin Masih Banyak | Social Writers | 4.5