Sebanyak 55,36% Warga Miskin Kabupaten Bandung Terjamin PKH - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Sebanyak 55,36% Warga Miskin Kabupaten Bandung Terjamin PKH

Sebanyak 55,36% Warga Miskin Kabupaten Bandung Terjamin PKH – Sejak tahun 2007, Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bandung telah memberikan jaminan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial bagi warga lanjut usia dan disabilitas kepada 93 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) atau sekitar 55,36%. Persentase tersebut dari jumlah warga miskin Kabupaten Bandung berdasarkan basis data terpadu tahun 2015 sebanyak 168 ribu warga.

Koordinator PKH Kabupaten Bandung Ahmad Labudi mengungkapkan, sejak program bergulir hingga saat ini baru sekitar 9.000 KPM yang berhasil keluar dari program tersebut dan dianggap sudah bebas dari garis kemiskinan.

“Hanya 9.000 penerima manfaat yang keluar dari PKH karena dianggap cukup (secara ekonomi). Seperti pada testimoni tadi anaknya yang sudah selesai kuliah meminta ibunya untuk memberikan kartu PKH kepada yang lain,” ujarnya kepada wartawan saat acara pertemuan tahunan (Annual Summit) para pendamping PKH di Gedong Budaya Sabilulungan, Jln. Al Fathu,  Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu 27 Desember 2017.

READ  BTN Salurkan Bansos Program Keluarga Harapan Non Tunai

Target enam tahun

Menurutnya, berdasarkan ketentuan Kemensos para penerima manfaat PKH ditargetkan tidak lagi tergantung pada program tersebut selama enam tahun. Akan tetapi, jika masih berada dalam permasalahan kemiskinan maka diberi waktu tambahan dua tahun.

“Target enam tahun keluar dari PKH tapi jika tetap masih miskin diberi waktu dua tahun lagi yang disebut sebagai masa transisi,” ungkapnya.

Adapun jumlah pendamping PKH sebanyak 233 orang dengan 13 orang operator dan satu koordinator cabang. Satu pendamping mendampingi sekitar 300 KPM.

Pada tahun 2018 jumlah KPM bertambah sebanyak 31.402 penerima dan pendamping sebanyak 72 orang.

 

Facebook Comments
Tags: , , , , ,
Sebanyak 55,36% Warga Miskin Kabupaten Bandung Terjamin PKH | Just Writer | 4.5