Semangat keluarga penerima manfaat family development session (fds) - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Semangat keluarga penerima manfaat family development session (fds)

www.pkhkotabatu.com. Kota Batu. Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu sore itu cuaca dingin dan hujan. Meski hujan deras, semangat mereka menghadiri pertemuan peningkatan kemampuan keluarga atau family development session cukup bersemangat dan diacungi jempol.
Family development session atau FDS Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial rutin diagendakan sebulan sekali. Lokasinya berada di salah satu rumah keluarga penerima manfaat Mojorejo Kecamatan Junrejo Kota Batu.
Jumlah keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial hadir sebanyak 25 orang, halaman ruang tamu cukup penuh dan berjubel ibu-ibu dan anak mereka yang turut hadir.
Nampaknya keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial mencatat materi yang disampaikan oleh pendamping sosial. 
Pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial kota Batu yang memberikan materi  family development session atau pertemuan peningkatan kemampuan keluarga ialah Chychy AIY. Pendamping sosial  juga memberikan inisiasi bagaimana cara membuat usaha kelompok.
Awalnya kelompok dampingan kesulitan merancang unit usaha bersama yang akan dijalankan, namun pekerja sosial supervisor yang turut menghadiri dan memonitoring kegiatan tersebut memberikan mapping analisa SWOT dalam memulai usaha bersama.
Memulai usaha bersama tentu diawali kekompakan, visi misi sama, ketrampilan anggota yang sudah muncul diantara anggota kelompok. Berbekal panduan tersebut akhirnya unit usaha yang akan ditekuni kelompok usaha bersama bisa terbentuk.
Berikutnya pendamping sosial menyampaikan bahwa Program Keluarga Harapan yang di dalamnya terdapat keluarga penerima manfaat diajak berdiskusi mengenai graduasi mandiri. 
Keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu
Pendamping sosial Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial Kota Batu


Keluarga penerima manfaat yang telah merasakan manfaat Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial kemudian setiap waktu bisa menyisihkan bantuan sosial untuk menabung dan membuat unit usaha baik kelompok maupun mandiri sesuai maksud dan tujuan diberikannya materi setiap bulan dalam family development session atau pertemuan peningkatan kemampuan keluarga maka dengan kesadaran dan kemauan sendiri sudah bisa keluar dari kepesertaan Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial.
Sebagai langkah terminasi pendamping sosial dan pekerja sosial supervisor akan melakukan kunjungan rumah atau home visit berdasarkan assessment informasi perubahan kondisi keluarga penerima manfaat sosial ekonominya.

Pekerja sosial supervisor Program Keluarga Harapan Kota Batu
Moch. Ferry Dwi Cahyono

Source: PKH Kota Batu

Facebook Comments
READ  Pendamping Sosial Distribusikan Media Sosialisasi
Tags:
Semangat keluarga penerima manfaat family development session (fds) | ridwan | 4.5