Para Senator Akan Ikut Mengawasi Penyaluran Bansos - Keluarga Harapan

Para Senator Akan Ikut Mengawasi Penyaluran Bansos

Senator Akan Ikut Mengawasi Penyaluran Bansos – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menugaskan para senator untuk ikut melakukan pengawasan terhadap realisasi program perlindungan sosial untuk masyarakat terdampak COVID-19, khususnya penyaluran bantuan sosial (bansos).

“Saya meminta kepada seluruh senator untuk membantu pengawasan penyaluran bansos di daerah pemilihannya masing-masing,” ujar LaNyalla di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Rabu.

Peristiwa penyelewengan dana bansos beberapa waktu lalu diakuinya menimbulkan ketidakpercayaan publik sehingga anggota DPD diharapkan bisa menjembatani kebutuhan masyarakat dengan kebijakan pemerintah.

“DPD RI harus berada di tengah-tengah rakyat di daerah. Pengawasan penyaluran bansos sangat diperlukan, apalagi saat ini bansos Corona yang sebelumnya diberikan dalam bentuk sembako, mulai Januari 2021 akan diberikan dalam bentuk tunai kepada masyarakat,” ucapnya.

READ  Covid Masih Mewabah, BNI Gencar Salurkan Bantuan Sosial

Anggota DPD RI juga diminta untuk membantu pemerintah daerah apabila pemerintah pusat memerlukan perbaikan data penerima bansos, sebab bantuan tunai akan langsung disalurkan ke akun atau rekening penerima manfaat.

“Presiden Joko Widodo sudah mengingatkan pentingnya proses digitalisasi data bansos yang diintegrasikan dengan sistem banking. Pemda harus betul-betul memiliki data akurat, dengan demikian bansos bisa tepat sasaran,” kata LaNyalla.

Bansos tunai akan disalurkan melalui PT Pos maupun bank-bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yakni Bank Mandiri, BRI, Bank BNI, dan BTN.

Senator asal daerah pemilihan Jatim tersebut meminta agar sosialisasi terus dilakukan, mengingat tidak semua warga melek terhadap proses digitalisasi dalam penyaluran bansos.

“Kemudian untuk penyaluran melalui kantor pos, Satgas COVID-19 harus ikut terlibat agar protokol kesehatan tidak diabaikan saat proses penyaluran bansos tunai,” tutur mantan Ketum KADIN Jawa Timur itu.

READ  6 Program Bantuan Sosial Ini Bakal Lanjut di 2021, Siapkan Dirimu!

LaNyalla meminta dana bansos tidak digunakan untuk keperluan yang tidak seharusnya, termasuk membeli rokok.

Dia pun mengapresiasi instruksi Presiden Jokowi agar bansos yang sebelumnya diberikan dalam bentuk sembako, terutama di Jabodetabek, agar diberikan dalam bentuk tunai kepada masyarakat.

Pemberian dana tunai dinilai akan lebih mudah diawasi sehingga akan mudah terpantau apabila ada pemotongan.

“Dengan dana tunai, daya beli masyarakat akan meningkat. Tentunya ini akan berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi. Warga akan ramai-ramai membelanjakan keperluan rumah tangganya di warung-warung kecil, dan di pasar-pasar,” kata dia.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/1921008/ketua-dpd-ri-minta-senator-ikut-awasi-penyaluran-bansos

Facebook Comments
Tags: , , ,
Para Senator Akan Ikut Mengawasi Penyaluran Bansos | Social Writers | 4.5