Simak! Mensos Larang Penerima Bansos Beli Dua Barang Ini - Harian Keluarga

Simak! Mensos Larang Penerima Bansos Beli Dua Barang Ini

PKHDaily.com – Masyarakat penerima manfaat sudah bisa mendapatkan bantuan sosial tunai yang mulai di salurkan sejak 4 Januari lalu. Hal ini dilakukan pemerintah agar masyarakat lebih cepat menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Sayangnya, meski telah dicarikan masih ada saja masyarakat penerima manfaat yang tak mengetahui cara pengecekan bansos terdiri dari PKH, BST, dan BPNT.

Setiap penerima bansos akan mendapatkan uang tunai Rp300 ribu per bulan. Bantuan dalam rangka memulihkan ekonomi ini akan diberikan selama periode Januari hingga April 2021.

READ  3 Program Bantuan Sosial 2021 Ini Siap Meluncur Minggu Pertama

READ  Soal UU Pekerja Sosial, Berikut Janji Dari Pak Mensos

“Saya perintahkan kepada para menteri dan gubernur mengawal pengiriman ini agar cepat, tepat sasaran dan diawasi, tidak ada potongan apa pun,” kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin, 4 Januari 2021.

Berikut tutorial mengecek apakah BST sudah masuk ke rekening atau belum:
1. Buka tautan https://dtks.kemensos.go.id/

2. Pilih opsi nomor identitas di pojok kiri atas (Bisa NIK, ID DTKS, nomor PBI JK/KIS).

3. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Ketik ulang kode captha, lalu klik kotak ‘cari’.

READ  Ribuan Ahli Waris Korban Tsunami Sulteng Terima Sisa Santunan Rp24,3 Miliar : Okezone News

Setelah itu, sistem akan mencocokan ID dan Nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database milik Kemensos RI.

Sama seperti tahun sebelumnya, Kemensos pada tahun ini kembali menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu penyalur BST dengan daya jangkau hingga ke daerah 3T (tertingggal, terdepan, terluar).

Sementara itu, Mensos Tri Rismaharini meminta para penerima bansos untuk memanfaatkan uang bansos agar tidak sia-sia. Dirinya meminta uang bansos PKH dan lain-lain tidak dibelikan rokok ataupun minuman keras.

“Kami sampaikan juga larangan semua bantuan dibelikan rokok dan miras,” ujar Risma saat menyampaikan laporan penyaluran bantuan tunai untuk 2021 di Istana Negara, Senin (4/1/2021)

Facebook Comments
Tags: , ,
Simak! Mensos Larang Penerima Bansos Beli Dua Barang Ini | Social Writers | 4.5