Tahukan Anda Sumber Data Para Penerima Bansos ? - Kabar Sosial Nusantara - Kabar Sosial Nusantara

Tahukan Anda Sumber Data Para Penerima Bansos ?

PKHDaily.comBerdasarkan Undang – Undang No. 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, Kementerian Sosial memiliki kewenangan dalam hal menetapkan kriteria fakir miskin sebagai dasar untuk pendataan. Kriteria tersebut disusun melalui koordinasi dengan berbagai lembaga yang terkait.

Untuk lebih  menjamin kemutakhiran data, Kementerian Sosial ( Kemensos ) juga melakukan verifikasi dan validasi data hasil dari pendataan yang dilakukan oleh lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang statistik. Kemudian Kemensos menetapkan data terpadu sebagai sebuah sumber data untuk menetapkan sasaran program penanggulangan kemiskinan dan juga bertanggung jawab untuk mengelola Data Terpadu tersebut.

Kementerian Sosial ( Kemensos ) saat ini sudah memfasilitasi teknologi informasi melalui sebuah aplikasi yaitu Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) versi 2.0 yang dapat mengintegrasikan pengelolaan Data Terpadu dengan Data Bantuan Sosial (Bansos).

READ  Perlunya Sinergitas PKH Dan Bantuan Sosial Lain

SIKS-NG ialah sebuah sistem informasi pengelolaan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu. Pemutakhiran Data Terpadu tersebut dilakukan oleh Dinsos kabupaten/kota melalui SIKS-NG dan hasil pemutakhiran ditetapkan oleh Menteri Sosial pada bulan Mei dan November untuk setiap tahunnya.

SIKS-NG ialah Sistem Informasi yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen – komponen tersebut yakni Pengumpulan, Pengolahan, Penyajian dan Penyimpanan Data Kesejahteraan Sosial dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi yang dilaksanakan berjenjang dan berkesinambungan.

Dengan adanya Data Terpadu yang valid dan termutakhirkan akan menjadi sebuah  rujukan bagi berbagai program bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintahan daerah supaya tepat sasaran. Selaian itu, Data Terpadu juga menjadi rujukan pengambilan keputusan bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

READ  Presiden Jokowi Ingin Kirim Pendamping PKH ke Luar Negeri

Dan apabila terjadi ketidaksesuaian data penerima bansos di daerah anda,  sekarang sudah tahu kan harus lapor kemana ?

Sumber : uppkhlampungtimur.blogspot.co.id

Facebook Comments
Tags: , , ,
Tahukan Anda Sumber Data Para Penerima Bansos ? | Just Writer | 4.5