Tanoto Foundation Buat Program Pencegahan Balita Stunting - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan - Kabar Sosial Program Keluarga Harapan

Tanoto Foundation Buat Program Pencegahan Balita Stunting

Tanoto Foundation Buat Program Pencegahan Balita Stunting, PKHDaily.com – Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018, sebanyak 30,8% balita di Indonesia mengalami stunting.

Angka tersebut cukup tinggi karena di atas batas toleransi suatu negara, yaitu 20%.

Pada akhir 2019, pemerintah menargetkan prevalensi stunting berkurang menjadi 28%.

Stunting adalah kondisi dimana tubuh gagal bertumbuh pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini akan memengaruhi pertumbuhannya hingga Si Kecil dewasa nanti.

Tidak hanya pertumbuhan fisik, tetapi juga perkembangan otaknya.

READ  Komitmen Kemensos Turunkan Angka Stunting

Anak stunting kemampuan kognitifnya menjadi lemah, mudah lelah dan tidak lincah dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya.

Selain itu, stunting berisiko lebih tinggi terserang penyakit infeksi, dan berisiko terjangkit berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, dan lain-lain ketika ia dewasa nanti.

Berangkat dari hal ini, Satrijo Tanudjojo selaku CEO Global Tanoto Foundation menjelaskan, “Tanoto Foundation berkomitmen untuk membangun Indonesia melalui tiga pilar.

Yaitu menciptakan lingkungan pembelajaran berkualitas mulai dari anak usia dini hingga usia produktif, mengembangkan pemimpin masa depan, serta mendukung riset dan ilmu pengetahuan medis,” dalam siaran pers ‘Tanoto Foundation Dukung Pemerintah Cegah Stunting di Indonesia’.

Ia menambahkan, upaya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang berkualitas, salah satunya mendukung pengembangan dan pendidikan anak usia dini.

Melalui kegiatan ini, Tanoto Foundation yang difasilitasi KSP dan TNP2K menjalin kemitraan dengan empat Organisasi Masyarakt Sipil (CSO): Save The Children, Indonesia Heritage Foundation, Kopernik, dan Lazismu.

Keempat organisasi ini akan menjadi mitra lapangan yang menjalankan program pencegahan stunting di masyarakat hingga ke tingkat posyandu.

Sumber: http://nakita.grid.id/read/021243086/ada-30-balita-stunting-di-indonesia-tanoto-foundation-buat-program-pencegahan-hingga-tingkat-posyandu?page=all

Facebook Comments
Tags: ,
Tanoto Foundation Buat Program Pencegahan Balita Stunting | Social Writers | 4.5